Manfaat Kerang untuk Kesehatan, Kaya Protein untuk Bantu Perbaiki Sel Tubuh

user
krsumsel 30 Agustus 2022, 07:50 WIB
untitled

Selain udang atau kepiting, kerang menjadi salah satu menu seafood yang banyak digemari. Sahabat Dream bisa menjumpai olahan kerang menjadi aneka ragam hidangan yang lezat seperti kerang asam-manis, sate kerang, kerang bakar, sup kerang, dan masih banyak lagi. Bahkan jenis kerang pun bermacam-macam dengan keunikan bentuk dan rasanya.

Di balik kelezatannya, kerang juga menyimpan berbagai manfaat yang istimewa bagi tubuh. Ada berbagai nutrisi penting di dalam kerang yang dibutuhkan untuk mendukung kesehatan tubuh. Beberapa kandungan yang dimiliki kerang antara lain protein, lemak, zat besi, vitamin A, vitamin, B12, vitamin C, kalsium, dan masih banyak lagi.

 

Manfaat kerang tidak hanya baik untuk kesehatan fisik saja, tetapi juga baik untuk kecantikan, terutama kecantikan kulit. Meski begitu, sahabat Dream juga harus berhati-hati karena ada sebagian orang yang memiliki alergi pada seafood, termasuk kerang.

Manfaat Kerang untuk Kesehatan

 

Manfaat Kerang untuk Kesehatan© Unsplash.com

Baik untuk Kesuburan Laki-laki

Manfaat kerang untuk kesehatan yang pertama adalah baik bagi kesuburan laki-laki. Hal ini karena kerang memiliki kandungan berupa seng dan selenium yang diperlukan oleh kaum laki-laki, terutama dalam memproduksi sperma dan cairian mani.

 

Dengan mengonsumsi kerang, maka akan membantu dalam proses sintesis testosteron serta membantu motilitas sperma. Selain itu, kerang juga mampu meningkatkan jumlah sperma serta menurunkan risiko terjadinya cacar pada sperma. Jadi, kerang dianjurkan agar dikonsumsi oleh para laki-laki.

Kaya Kandungan Protein

Untuk menjaga kesehatan tubuh, tentunya asupan protein sangatlah penting untuk selalu dipenuhi dalam jumlah yang cukup. Terutama dalam memperbaiki sel-sel tubuh dan menghasilkan sel yang baru. Ada banyak sekali sumber protein yang bisa sahabat Dream dapatkan, salah satunya dari kerang.

Asupan protein ini sebaiknya tidak dilewatkan oleh anak-anak dan remaja yang sedang dalam masa pertumbuhan dan perkembangan. Kemudian, ibu hamil juga membutuhkan asupan protein untuk mendukung kesehatan janin yang sedang dikandung. Dengan mengonsumsi 100 gram kerang, maka sahabat Dream bisa mendapatkan 12,8 gram protein. Selain itu, untuk kandungan kalorinya dalam 100 gram kerang terdapat 74 kalori.

HALAMAN

Credits

Bagikan