Cek Fakta Benarkah : Air Perasan Jeruk Nipis Dapat Menurunkan Berat Badan

user
adminoke 24 Oktober 2020, 20:42 WIB
untitled

KRSUMSEL.com - Minum air perasan jeruk nipis seringkali diklaim bermanfaat untuk mengecilkan perut dan menurunkan berat badan. Terkadang, jeruk nipis atau lemon juga dibuat menjadi infused water dan diminum setiap pagi.

Namun, hal ini belum terbukti secara ilmiah. Sehingga, kamu tetap harus melakukan upaya lainnya seperti berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat untuk menurunkan berat badan.

Terlepas dari manfaatnya untuk menurunkan berat badan, jeruk nipis mengandung asam sitrat yang dapat memperbaiki metabolisme tubuh dan membuat pembakaran kalori lebih cepat.

Air perasan jeruk nipis juga mengandung sedikit kalori, sehingga kamu tidak perlu ragu untuk mengonsumsinya secara rutin.

Sebaiknya, air perasan jeruk nipis disajikan dalam kondisi hangat dan dikonsumsi di pagi hari maupun sebelum makan.

Meski bermanfaat, namun ada beberapa risiko kesehatan yang disebabkan oleh konsumsi air perasan jeruk. Dilansir dari Sehatq.com, berikut di antaranya:

Asam lambung naik

Kondisi asam pada air perasan jeruk nipis yang kuat akan memicu naiknya asam lambung.

Terutama, bagi penderita penyakit lambung atau GERD. Bahkan, mengonsumsi air perasan jeruk nipis bisa mengakibatkan nyeri ulu hati, mual serta muntah.

Gigi berlubang

Kadar asam yang tinggi pada perasan jeruk nipis bersifat korosif, sehingga dapat mengikis lapisan terluar gigi (enamel) dan menyebabkan gigi berlubang.

Alergi

Minum air perasan jeruk nipis dapat memicu reaksi alergi pada sebagian orang. Oleh karena itu, pastikan kamu tidak alergi pada air perasan jeruk nipis sebelum meminumnya.

Selain minum air jeruk nipis, kurangi konsumsi karbohidrat, mengonsumsi makanan kaya serat, menghindari makanan cepat saji serta tidur cukup untuk menurunkan berat badan.

Kredit

Bagikan