Manfaat Teh Jahe, Meningkatkan Kekebalan serta Mencegah Kanker

user
adminoke 18 April 2022, 05:44 WIB
untitled

KRSUMSEL.com - Teh menjadi salah satu minuman favorit masyarakat Indonesia. Bahkan ada sebagian orang yang setiap pagi harus minum teh terlebih dahulu sebelum beraktivitas. Teh bisa disajikan secara hangat atau pun dingin yang keduanya sama-sama menyegarkan. Namun, sahabat Dream bisa juga menambahkan jahe ke dalam teh.

Jahe merupakan rempah-rempah yang biasanya ditambahkan dalam makanan. Ada efek rasa hangat jika jahe ini ditambahkan pada teh. Manfaat teh jahe pun sudah banyak dirasakan oleh banyak orang. Ini menjadi minuman sehat yang bisa kamu sajikan untuk anggota keluarga di rumah.

Apalagi jika cuaca sedang dingin, maka membuat secangkir teh jahe dan menyediakan camilan akan membuat momen santaimu begitu menyenangkan. Nah, berikut adalah beberapa manfaat teh jahe yang perlu diketahui sebagaimana dirangkum Dream melalui merdeka.com dan briliofood.net.

Manfaat Teh Jahe untuk Kesehatan

Melindungi dari Penyakit Jantung

Manfaat teh jahe yang pertama adalah melindungi dari penyakit jantung. Hal ini karena telah dilakukan penelitian yang membuktikan bahwa jahe adalah rempah-rempah yang bisa mencegah dari penyakit jantung.

Selain itu, dengan mengonsumsi teh jahe juga bisa untuk menurunkan kolesterol jahat, meningkatkan kolesterol baik, serta menurunkan tekanan darah. Jadi, mulailah untuk mengonsumsi teh jahe dari sekarang demi menjaga jantung tetap sehat.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat teh jahe berikutnya adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Ya, kekebalan tubuh sangatlah penting agar seseorang tidak mudah terserang penyakit, virus, dan bakteri. Nah, untuk meningkatkan kekebalan tubuhmu, cobalah mengonsumsi teh jahe secara rutin. Karena jahe sangatlah baik untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Jadi, sahabat Dream tidak akan mudah sakit.

Mengatasi Masalah Pernapasan

Mengonsumsi teh jahe bisa juga untuk mengatasi masalah pernapasan. Apalagi bagi sahabat Dream yang sedang sakit flu biasanya disertai dengan batuk dan pilek. Teh jahe memberikan efek hangat yang berasal dari jahenya. Jahe juga akan melancarkan hidung yang mampet karena flu. Nah, cobalah mengonsumsi secangkir teh jahe agar pernapasanmu kembali lancar.

Manfaat Teh Jahe untuk Kesehatan

Membantu Mengontrol Berat Badan

Usaha untuk menurunkan berat badan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah melalui makanan atau minuman yang sahabat Dream konsumsi. Teh jahe adalah solusi bagi kamu yang ingin mengontrol berat badan. Pembuatan teh jahe sendiri tergolong mudah dengan bahan-bahan yang juga murah meriah.

Dalam suatu penelitian membuktikan bahwa jahe yang memiliki rasa pedas tersebut bisa menurunkan rasa lapar dan asupan makanan. Jadi, kamu akan merasa kenyang lebih lama. Hal ini baik untuk menekan keinginanmu makan.

Bisa Mengontrol Gula Darah

Manfaat teh jahe berikutnya adalah bisa mengontrol gula darah. Hal ini telah dilakukan penelitian dan membuktikan bahwa dengan mengonsumsi teh jahe selama 12 minggu setiap hari, maka ada kemungkinan untuk mengurangi komplikasi diabetes. Namun, akan lebih baik jika sahabat Dream melakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter.

Membantu Sistem Pencernaan

Manfaat teh jahe yang tak kalah penting adalah membantu sistem pencernaan. Bisa dibayangkan betapa tidak nyamannya jika sistem pencernaan tidak berjalan secara lancar. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengonsumsi teh jahe.

Teh jahe akan membantu dalam menyerap makanan setelah sahabat Dream mengonsumsi makanan. Selain itu, minum teh jahe juga akan meredakan perut yang kembung ketika kamu kekenyangan.

Manfaat Teh Jahe untuk Kesehatan

Meredakan Nyeri pada Lutut

Nyeri pada lutut kerap dialami oleh sebagian besar orang. Biasanya para orang tua yang merasakan kondisi seperti itu. Namun sahabat Dream jangan khawatir, kamu bisa mengonsumsi teh jahe secara rutin untuk meredakan rasa nyeri di lutut. Jadi, cobalah untuk menyediakan the serta jahe di rumah dan buatlah secara rutin untuk membantu meredakan nyeri.

Mencegah Kanker

Kanker menjadi penyakit yang banyak ditakuti orang. Apalagi sudah banyak yang menjadi korban karena mengidap penyakit ini dan berakhir dengan kematian. Oleh karena itu, ada banyak sekali pengembangan di dunia medis serta obat-obatan herbal yang berupaya untuk melawan penyakit kanker.

Salah satunya adalah teh jahe yang mampu untuk mencegah kanker. Hal ini bisa dibuktikan bahwa jahe sendiri adalah rempah-rempah yang ampuh dalam mencegah berbagai jenis kanker, seperti kanker hati, lambung, pankreas, dan kolorektal. Jadi, tak ada salahnya untuk mengonsumsi teh jahe setiap hari untuk mencegah dari penyakit berbahaya tersebut.

Mencegah dan Meredakan Mabuk Perjalanan

Tak sedikit orang yang merasa khawatir saat akan melakukan perjalanan dengan menggunakan kendaraan. Apalagi jika perjalanannya jauh. Yang ditakutkan ia akan mabuk selama di perjalanan.

Namun kamu bisa mencoba untuk meminum secangkir teh jahe sebelum berangkat. Ini menjadi cara untuk mencegah gejala mabuk perjalanan seperti mual dan muntah. Bahkan bagi kamu yang sudah mabuk, meminumnya setelah mabuk bisa mengatasi badan yang lemas.

Kredit

Bagikan