Manfaat Ampas Kopi untuk Kecantikan, Solusi Jitu Atasi Rambut Rontok dan Kulit Kusam

user
adminoke 18 April 2022, 05:57 WIB
untitled

KRSUMSEL.com - Minum kopi di kala lelah atau mengantuk adalah pilihan yang tepat bagi sebagian orang. Aroma kopi yang nikmat bisa mengembalikan semangat yang hilang. Lalu bagaimana dengan ampasnya?

Ya, meskipun tidak layak untuk dikonsumsi, ampas kopi rupanya memiliki manfaat lain yang layak diperhatikan. Manfaat ampas kopi ini dapat kamu aplikasikan di bagian tubuh luar, karena mengonsumsi ampas kopi bisa membahayakan tubuh.

Ampas kopi mengandung cafestol dan kahweol yaitu dua komponen yang dipercaya dapat meningkatkan kolesterol secara signifikan. Mengonsumsi tujuh gram ampas kopi per hari selama tiga minggu, bisa meningkatkan kolesterol secara signifikan.

Maka dari itu, ampas kopi sebaiknya diaplikasikan untuk tubuh bagian luar saja. Terutama untuk mengatasi masalah kecantikan. Lantas apa manfaat kopi untuk kecantikan? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Manfaat Ampas Kopi untuk Kecantikan

1. Mengangkat Sel Kulit Mati

Manfaat ampas kopi untuk kecantikan yang pertama ialah mampu mengangkat sel-sel kulit mati. Diketahui penumpukan sel kulit mati bisa menyebabkan wajah kusam dan tanda penuaan lainnya.

Ampas kopi bisa menjadi pilihan bagi Sahabat Dream yang menyukai bahan alami untuk perawatan kecantikan. Tekstur ampas kopi yang kasar berkhasiat mengangkat sel kulit mati yang membandel.

Manfaat ampas kopi untuk mengangkat sel kulit mati didapatkan karena kafein bersifat antioksidan yang mampu melindungi kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Antioksidan dalam kafein dapat membantu melancarkan aliran darah. Jika kamu menggunakan obat-obatan kulit dari resep dokter, maka sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter jika kamu hendak menggunakan ampas kopi untuk wajahmu ini.

Cara mengaplikasikan ampas kopi untuk kecantikan adalah dengan mencampurkan sedikit ampas kopi dengan air atau minyak kelapa. Lalu gosokkanlah perlahan ke bagian wajah atau tubuh.

2. Menyamarkan Mata Panda

Selain mengangkat sel kulit mati, manfaat ampas kopi juga bisa untuk menyamarkan mata panda. Mata panda adalah masalah yang membuat penampilan tampak lelah dan bahkan terlihat tua. Lingkaran hitam pada mata ini bisa disamarkan dengan mengoleskan ampas kopi.

Kandungan antioksidan pada kafein bisa membersihkan sel kulit mati di area mata yang menjadi penyebab mata panda. Manfaat kafein untuk kecantikan ini dibuktikan dengan banyaknya produk kecantikan yang mengandung kafein untuk mencegah penuaan dini dan mata panda.

Sifat anti peradangan yang dimiliki kafein juga bisa meningkatkan sirkulasi darah ke bagian mata akhirnya bisa menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata itu.

3. Mengurangi Selulit

Manfaat ampas kopi untuk kecantikan yang selanjutnya adalah bisa untuk mengurangi gejala selulit. Selulit merupakankondisi kulit yang dirasakan 80-90 persen wanita dewasa. Kafein yang ada pada ampas kopi dioleskan ke bagian selulit, lemak akan terpecah dan aliran darah meningkat, dan mengikis selulit sedikit demi sedikit.

Caranya adalah dengan mencampurkan ampas kopi dengan air atau minyak kelapa, kemudian oleskan selama 10 menit ke bagian selulitnya sebanyak 2 kali dalam seminggu.

4. Menyehatkan Kulit Kepala

Tak hanya bagus untuk wajah, manfaat ampas kopi juga bisa dipakai untuk menyehatkan kulit kepala. Seperti fungsi sebelumnya, ampas kopi ini dipercaya dapat mengangkat dan mencegah penumpukan sel kulit mati pada kulit kepalamu.

5. Menstimulasi Pertumbuhan Rambut

Selain bagus untuk kulit kepala, manfaat ampas kopi juga dapat menstimulasi pertumbuhan rambut. Kafein pada kopi dipercaya bia merangsang pertumbuhan rambut supaya semakin subur.

Uji sebuahh penelitian yang diaplikasikan pada kulit hewan dan manusia, hasilnya menunjukkan bahwa ampas kopi dapat meningkatkan aliran darah serta mempercepat pertumbuhan rambut.

Caranya, ambillah satu kepal ampas kopi lalu oleskan di kulit kepala kamu. Biarkan selama beberapa menit. Kemudian setelah itu bersihkan dengan shampoo dan air mengalir. Lakukan sebanyak dua kali dalam satu minggu.

6. Mengurangi Rambut Rontok

Rambut rontok termasuk permasalahan yang susah diatasi terutama bagi orang yang memiliki suatu penyakit tertentu. Sebab beberapa penyakit bisa menyebabkan kerontokan rambut.

Untuk mengurangi rambut rontok, Sahabat Dream bisa mengambil manfaat dari ampas kopi yang dibuat menjadi masker rambut.

Ampas kopi bisa kamu gunakan sebagai masker rambut. Caranya mudah saja, ambil beberapa sendok susu bubuk lalu campurkan ke dalam gelas yang sudah terdapat ampas kopi. Lalu seduh dua bahan tersebut dengan sedikit air hangat, aduk hingga mengental.

Segera aplikasi pada kulit rambut secara langsung, tunggulah beberapa menit lalu bilas dengan shampoo hingga bersih. Cara ini akan lebih baik jika kamu menggunakan ampas kopi yang tercampur gula.

7. Rambut Lebih Berkilau

Manfaat ampas kopi untuk kecantikan yang selanjutnya adalah untuk membuat rambut lebih berkilau. Cara ini cocok untuk kamu yang memilki masalah rambut kusut dan kusam.

Caranya dengan mencampurkan ampas kopi dengan dua sendok minyak zaitun. Aduk hingga merata, selanjutnya aplikasikan pada bagian tengah batang rambut hingga ujung. Biarkan beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin untuk hasil rambut berkilau maksimal.

Itulah beberapa manfaat ampas kopi untuk kecantikan yang menarik untuk dicoba. Nah, tidak ada salahnya kamu coba memanfaatkan ampas kopi untuk mendapatkan kulit yang lebih bersih dan sehat.

Mungkin sebagian orang memiliki alergi atau ketidakcocokan dengan kandungan kafein yang diaplikasikan ke kulit. Maka sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter kulit dan kecantikan jika hendak menggunakannya. (Dream)

Kredit

Bagikan