Ini 8 Manfaat Kurma Muda bagi Kesehatan, Baik untuk Meningkatkan Kesuburan Pria dan Wanita

user
adminoke 19 Juni 2022, 09:19 WIB
untitled

KRSUMSEL.COM - Kurma menjadi buah yang sangat populer di Indonesia saat momen-momen khusus seperti bulan Ramadan atau musim haji. Terkadang pula kurma menjadi oleh-oleh anggota keluarga, sanak saudara, atau teman yang baru saja pulang dari ibadah umroh. Buah kurma jenis azwa termasuk salah satu yang terkenal karena disukai Nabi Muhammad SAW.

Buah kurma bukan asli dari Indonesia namuntidak terlalu sulit untuk ditemukan. Berasal dari negara di Timur Tengah dan Afrika, banyak toko, terutama yang menjual perlengkapan haji dan umroh, yang mengimpor dan menjual di Indonesia. Buah kurma yang biasanya dijadikan oleh-oleh dan sahabat Dream konsumsi adalah buah kurma yang sudah matang dengan rasa yang manis alami.

Tapi pernahkan sahabat Dream memakan kurma yang masih muda? Kurma muda juga bisa dikonsumsi lho, sahabat Dream. Kurma ini dianjurkan untuk dikonsumsi oleh pasangan yang sedang dalam program hamil. Tak hanya itu saja, manfaat kurma muda juga sangat baik bagi kesehatan.

Berikut adalah beberapa manfaat kurma muda untuk kesehatan sebagaimana dirangkum Dream melalui merdeka.com.

Manfaat Kurma Muda untuk Kesehatan

Baik untuk Kesehatan Ibu Hamil

Manfaat kurma muda yang pertama adalah baik untuk kesehatan ibu hamil. Bahkan hal ini telah dilakukan penelitian yang menunjukkan bahwa seorang perempuan yang hamil dan mengonsumsi kurma muda selama beberapa minggu terakhir kehamilan, maka terjadi peningkatan dilatasi serviks dan menurunnya tingkat persalinan yang memerlukan induksi.

Manfaat istimewa tersebut berkat adanya kandungan yang bis menguatkan otot-otot rahim di masa-masa terakhir kehamilan. Selain itu, ibu hamil yang mengonsumsi kurma muda juga bisa terhindar dari wasir.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Pencernaan yang baik akan membuat sahabat Dream merasa nyaman kesehariannya. Oleh karena itu, makanan yang dikonsumsi sehari-hari haruslah diperhatikan dengan baik. Kurma muda adalah salah satu buah yang bisa melancarkan pencernaan. Kamu bisa terhindar dari sembelit yang sangat membuat seseorang menderita.

Kurma muda memiliki kandungan kalium yang ampuh mengatasi diare disebabkan oleh kuman dan bakteri. Jadi, jangan ragu untuk mengonsumsi kurma muda secara rutin demi kesehatan saluran pencernaan.

Manfaat Kurma Muda untuk Kesehatan

Meningkatkan Energi

Jika dibandingkan dengan kurma yang sudah matang, kurma muda memang tidaklah manis. Hal ini karena kurma muda rendah akan kalori dan juga gula. Tapi hebatnya justru ampuh untuk meningkatkan energi sahabat Dream.

Perlu sahabat Dream ketahui bahwa kurma muda yang kondisinya masih fresh, di dalamnya terkandung air yang mampu memberikan cairan bagi tubuh dan meningkatkan energi. Rasa segarnya inilah yang bisa membuatmu bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan lebih bersemangat.

Menguatkan Tulang

Tulang adalah bagian yang menopang tubuh. Tanpa tulang yang kuat, sahabat Dream tidak bisa berdiri dengan tegak, membungkuk, berlari, berjalan dengan lancar, dan melakukan berbagai aktivitas lainnya. Oleh karena itu, kalsium sangat dibutuhkan untuk membentuk tulang yang kuat.

Selain itu, kamu juga memerlukan kandungan lainnya untuk menguatkan tulang, seperti fosfor, magnesium, tembaga, mangan, dan selenium yang bisa didapatkan dari kurma muda. Kesemua kandungan itu bisa menghindarkan sahabat Dream dari osteoporosis. Bahkan kurma muda juga mengandung vitamin K yang membantu pembekuan darah serta metabolisme tulang.

Manfaat Kurma Muda untuk Kesehatan

Menyehatkan Otak

Manfaat kurma muda yang tak kalah istimewa adalah bisa menyehatkan otak. Seperti diketahui bahwa otak adalah pusat dari tubuh manusia. Otak juga memiliki banyak saraf yang jika salah satunya saja mengalami masalah, maka tubuh manusia pun juga akan mengalami masalah.

Demi menjaga kesehatan otak, sahabat Dream bisa mengonsumsi kurma muda. Kurma muda sendiri memiliki kandungan berupa flavonoid yang cukup tinggi sebagai antioksidan. Sehingga bisa diandalkan untuk melindungi dari stres oksidatif dan inflamasi yang menyerang otak.

Menurunkan Berat Badan

Bagi sahabat Dream yang sedang berusaha menurunkan berat badan, maka kurma muda bisa menjadi pilihan buah yang tepat. Karena kurma muda sendiri sangatlah baik untuk melancarkan pencernaan. Hal ini secara tidak langsung juga berkaitan dengan proses penurunan berat badan. Bahkan ini bisa menjadi cara sahabat Dream untuk menerapkan pola hidup yang sehat.

Manfaat Kurma Muda untuk Kesehatan

Meningkatkan Kesuburan

Manfaat kurma muda berikutnya adalah bisa meningkatkan kesuburan. Hal ini karena adanya kandungan berupa serat, zat besi, dan antioksidan yang mampu meningkatkan kesuburan pada perempuan. Tak hanya bagi perempuan saja, kurma muda juga bisa meningkatkan kesuburan pada laki-laki dengan meningkatkan kualitas sperma.

Itulah mengapa tak sedikit orang yang menyarankan pada pasangan suami-istri yang sedang program hamil untuk mengonsumsi kurma muda. Kurma muda memiliki kandungan berupa asam amino yang mampu meningkatkan stamina saat sedang berhubungan intim.

Mencegah Anemia

Anemia atau darah rendah adalah salah satu penyakit yang banyak diderita manusia, baik laki-laki maupun perempuan. Biasanya penderita anemia akan merasaka pusing dan badan terasa lemas. Bagi seorang perempuan hamil, anemia bisa menjadi penyakit yang berbahaya karena berisiko terjadi pendarahan saat persalinan.

Untuk menghindarinya, sahabat Dream bisa mengonsumsi kurma muda yang kaya akan zat besi. Kandungan inilah yang mampu mempertahankan kadar hemoglobin di batas yang normal. Dengan begitu, ibu hamil dan janinnya akan selalu sehat karena imunitasnya baik. (merdeka.com/dream)

Kredit

Bagikan