Kapolres Bersama Wakapolres Lahat Pantau Pos Perbatasan

oleh -245 pembaca

Lahat, KRSUMSEL.com – Guna untuk memastikan Pos Penyekatan terkait “Larang Mudik” dalam rangka Operasi Ketupat Musi 2021 disejumlah titik wilayah hukum Polres Lahat, membuat Kapolres Lahat AKBP Achmad Gusti Hartono S.Ik bersama Wakapolres Lahat Kompol Jossy Andrianto SSt MM, Kabag Ops Kompol Sunarso SH, dan Kasi Propam IPDA Nurkhosim SH serta beberapa Personil Polres Lahat, turun langsung kelapangan.

Terlihat dipimpin langsung Kapolres Lahat, memantau Pos Penyekatan Larangan Mudik dalam rangka Operasi Ketupat Musi 2021, mengecek Pos Penyekatan didaerah perbatasan Desa Muara Lawai Kecamatan Merapi Timur Lahat – Kabupaten Muara Enim.

Giat tersebut, dilaksanakan pada Sabtu (08/05/2021) kemarin, sekitar jam 10.00 WIB di Pos Terpadu penyekatan arus mudik pintu masuk antara Kabupaten Lahat dan Muara Enim, tepatnya di Kelurahan Lebuai Bandung Kecamatan Merapi Timur Lahat, dan kedatangan Kapolres Lahat langsung disambut oleh Kapolsek Merapi Barat AKP Samsuardi SH.

Kapolres Lahat memeriksa keadaan Pos Terpadu dan kelengkapannya sesuai dengan ketentuan Prokes yakni, Pos Pam harus dilengkapi dengan 3 ruang yang meliputi, ruang Identifikasi, Siaga, dan ruang Pemeriksaan Kesehatan dalam pelaksanaan Rapid Antigen.

Tidak itu saja, dikatakan Achmad Gusti Hartono, harus ada kelengkapan-kelengkapan lain yang harus tersedia meliputi data sotupak, teafij cane/water barpire, APD perorangan, kelengkapan pengecekan kesehatan, adanya Termogen dan rompi lantas.

Lalu, unsur atau petugas yang terlibat dalam pos terpadu meliputi, unsur Kepolisian, TNI, Dinkes, Dishub, Sat Pol PP dan Senkom.

Usai memeriksa kelengkapan Pos Terpadu tersebut, Kapolres ikut serta melaksanakan pemeriksaan dan penyetopan Kendaraan Bermotor (Ranmor) baik yang akan masuk dan keluar wilayah hukum Polres Lahat.

Diperiksa para pengguna jalan tidak memenuhi prosedur Prokes yang sudah ditetapkan oleh Gustu Covid-19, sedangkan untuk masyarakat setempat atau karyawan perusahaan cukup memberikan kartu identitas berupa KTP apabila akan hilir mudik melewati Pos Terpadu.

Selanjutnya, Kapolres Lahat bersama rombongan sekitar jam 14.30 WIB, memantau Pos Terpadu Penyekatan di Desa Muara Siban, Kecamatan Pulau Pinang perbatasan dengan Kota Pagaralam disambut oleh Kapolsek AKP Irwan Edy dan kegiatan sama melakukan pemeriksaan kelengkapan serta kesiapan personil.

Seterusnya, pada pukul 15.30 WIB, Kapolres Lahat juga rombongan tiba di Pos Terpadu pelayanan Simpang Stasiun Kerta Api Lahat diterima oleh Kaposko IPTU Pamris Malau SH, kegiatan sama pemeriksaan kelengkapan pos dan memberikan motivasi kepada seluruh anggota agar dapat melaksanakan tugas dengan serius dan bertanggungjawab.

“Agar apa yang diinginkan dapat tercapai dalam pelaksanaan Ops Musi 2021. Dengan mendirikan beberapa titik pos didalam wilayah hukum Polres Lahat ini, agar masyarakat dalam melaksanaan Hari Raya Idul Fitri dengan rasa aman, nyaman, dan terhindar dari penyebaran C19,” pungkas Kapolres Lahat. (Dedi)