Kapolda Kalsel Menyambangi Pasar Bagikan Masker

oleh -32 views
Banjarmasin, KRsumsel.com – Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Nico Afinta turun langsung menyambangi sejumlah pasar membagikan masker dalam rangka menggelorakan memakai penutup mulut dan hidung itu kepada warga.
“Masyarakat harus terus kita edukasi hingga akhirnya tumbuh kesadaran dari dalam diri sendiri untuk mematuhi protokol kesehatan,” ucap Nico di Banjarmasin, Kamis.

Kapolda mendatangi Pasar Sentra Antasari yang merupakan pasar tradisional terbesar di Kota Banjarmasin. Bersama Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dan unsur Forkopimda lainnya, jenderal bintang dua itu mengingatkan warga agar selalu menggunakan masker.

“Penggunaan masker yang benar dengan bahan standar kesehatan bisa mencegah penularan COVID-19 hingga 75 persen. Jadi, mari pakai selalu masker agar rantai penyebaran COVID-19 bisa segera diputus,” tuturnya.

Sedangkan bagi yang tak patuh, sanksi berupa denda uang hingga sanksi sosial siap dijatuhkan. Seperti Kota Banjarmasin operasi yustisi penegakan disiplin protokol kesehatan berdasarkan Perwali No 68 tahun 2020.

Meski begitu, Nico meyakini kepatuhan masyarakat tidak bisa hanya melalui pemberian sanksi. Namun lebih utama penyadaran yang tumbuh dari dalam diri lewat edukasi secara masif.

“Para tokoh agama seperti ulama bisa berperan di sini. Mereka orang-orang yang menjadi panutan masyarakat yang diharapkan bisa didengar petuah dan imbauannya terkait ajakan menggunakan masker dan sebagainya,” tandas Kapolda.

Sementara Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor memastikan daerah kini berperang melawan pandemi COVID-19. Sehingga semua orang harus terlibat dalam peperangan dengan cara mematuhi protokol kesehatan yaitu pakai masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan.

“Kita bisa menang jika kita bersatu bergotong royong memeranginya. Buktikan rakyat Kalimantan Selatan adalah pejuang yang saat ini COVID-19 sedang menjajah dunia termasuk di Banua ini,” pungkasnya. (Anjas)