Kabupaten Tebo wujudkan terbukanya informasi pendidikan secara digital

oleh -164 pembaca

Jambi, KRSUMSEL.com – Pemerintah Kabupaten Tebo Provinsi Jambi mengimplementasikan keterbukaan informasi pendidikan kepada masyarakat secara digital melalui website Dinas Pendidikan Kabupaten Tebo pada menu Tebo Pintar.

“Kebijakan tersebut merupakan bentuk komitmen Disdikbud dalam menjalankan bentuk transparansi informasi kepada publik sesuai dengan Undang-Undang nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik,” kata Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo Triyatna di Tebo, Kamis.

Melalui laman https://dinasdikbud.tebokab.go.id/ masyarakat daerah itu dapat mengakses informasi mengenai pembelajaran, budaya baca, dan manajemen sekolah serta mengakses beragam informasi mengenai pendidikan.

Dijelaskan Triyatna saat membuka laman tersebut, halaman akan ditampilkan dengan beberapa menu, salah satunya Tebo PINTAR yang isinya tentang pembelajaran, budaya baca, manajemen sekolah, dan website PINTAR Tanoto Foundation.

“Salah satu tujuan hadirnya menu Tebo Pintar tersebut untuk mendorong tenaga pendidik menyediakan bacaan berkualitas terutama bagi guru, kepala sekolah, dan pengawas,” kata Triyatna.

Provincial Coordinator Tanoto Foundation Provinsi Jambi Medi Yusva mengatakan website tersebut di harapkan dapat menambah pengalaman dan memperkaya cara guru mengajar khususnya di masa pandemi COVID-19 saat ini.

“Apa yang telah diimplementasikan lalu ditulis di website tersebut, sehingga bisa ditiru menjadi praktik bagi guru lainnya,” kata Medi Yusva.

Menurut Medi Yusva, menulis merupakan salah satu cara meningkatkan kompetensi guru. Selain menulis praktik baik dengan bahasa yang ringan, guru juga dapat membuat makalah ilmiah, artikel, maupun jurnal. Dengan kompetensi guru yang giat menulis di harapkan dapat menularkan kemampuannya tersebut kepada siswa.

Dengan demikian hasil akhir yang diharapkan dapat tercapai yakni siswa atau peserta didik. Dimana peserta didik turut memiliki keterampilan yang sama dengan gurunya, khususnya dalam hal menulis. (anjas)