Kabupaten Nunukan Akan Buka Pembelajaran Tatap Muka

oleh -100 pembaca

Nunukan, KRsumsel.com – Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, akan melaksanakan pembelajaran tatap muka pada tahun ajaran baru 2021-2022 atau tepatnya awal Juli 2021 dengan alasan guru-guru telah menjalani vaksinasi COVID-19.

 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Junaedi di Nunukan, Selasa, mengaku sangat optimistis pembelajaran tatap muka akan digelar berdasarkan instruksi dari Presiden Jokowi. “Iya kita akan buka pembelajaran tatap muka pada tahun ajaran baru ini 2021-2022,” ujar dia.

 

Junaedi menyebutkan persiapan telah dilakukan secara matang dengan melakukan vaksinasi bagi ribuan tenaga guru khususnya di Pulau Nunukan dan Pulau Sebatik. Guru-guru pada kedua pulau ini menjadi skala prioritas vaksinasi tenaga guru karena menjadi wilayah pandemi COVID-19 di Kabupaten Nunukan.

 

Kadisdikbud Nunukan ini menambahkan tenaga guru di wilayah III atau daratan besar Pulau Kalimantan tidak menjadi skala prioritas vaksinasi COVID-19 karena bukan wilayah pandemi COVID-19. Bahkan sekolah-sekolah di wilayah III ini tetap menjalankan pembelajaran tatap muka selama pandemi COVID-19 ini.

 

“Kita memang hanya khususkan tenaga guru di Pulau Nunukan dan Pulau Sebatik saja untuk divaksin. Karena kedua pulau ini kan menjadi wilayah penyebaran virus korona selama ini,” ungkap Junaedi.

 

Ia juga menegaskan bahwa semua guru harus divaksin, tanpa kecuali.

 

Mengenai proses pembelajaran yang diterapkan pada saat belajar tatap muka, dia mengatakan, menggunakan sistem sift yakni setiap dua jam dilakukan pergantian murid.

 

Kemudian, seluruh tenaga guru dan murid wajib menjalankan protokol kesehatan yaitu menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.(Anjas)