Jubir : 62 pasien meninggal akibat COVID-19 di Papua

oleh -25 views

Jayapura, KRsumsel.com – Juru bicara Satgas Pencegahan dan Penanganan COVID-19 Papua, dr Silwanus Sumule mengatakan sejak 17 Maret hingga 14 September 2020 pihaknya mencatat sebanyak 62 pasien meninggal akibat terpapar COVID-19 di wilayah tersebut.

Silwanus di Jayapura, Selasa, menyebutkan dari data yang diperoleh pada Senin (14/9) satu di Kota Jayapura, berinisial Ny M/P berusia 51 tahun, meninggal akibat terpapar corona. Ny.M/P dirawat di Rumah Sakit Bhayangkara Jayapura. Dokter yang menangani mendiagnosa COVID-19 dan pneumonia.

Dua hari berturut-turut pasien meninggal akibat terpapar corona di wilayah paling timur ini. Sebelumnya, pada Minggu (13/9) Satgas COVID-19 Papua mencatat dua warga meninggal akibat terpapar corona, satu orang di Kota Jayapura dan satunya lagi di Kabupaten Nabire. Satu warga meninggal di Kota Jayapura berinisial Ny.TTK berusia 77 tahun, dirawat selama dua hari di Rumah Sakit Provita Jayapura. Dokter yang menangani mendiagnosa COVID-19, penyakit jantung, hipertensi, dan DM.

Selanjutnya, satu warga yang meninggal di Kabupaten Nabire berinisial Ny.NPK/P berusia 70 tahun, dirawat selama dua hari di rumah sakit setempat. Dokter mendiagnosa COVID-19 dan menderita penyakit pneumonia. Pada Sabtu (12/9) dua warga meninggal akibat corona, satu warga di Kota Jayapura dan satunya lagi di Kabupaten Nabire. Satu warga yang meningga di Kota Jayapura itu bernisial Ny.AB berusia 48 tahun.

Ny. AB dirawat di RSUD Youwari selama 10 hari. Dokter yang menangani Ny.AB mendiagnosa Ny.AB terinfeksi virus corona, CAP dan obesitas. Sementara data terkait warga yang meninggal dunia di Kabupaten Nabire akibat terpapar corona ini belum dikirim.

Pada Senin (14/9), pihaknya menerima data pasien positif COVID-19 di Papua yang dinyatakan sembuh bertambah 46 orang, dengan rincian lima pasien sembuh dari COVID-19 di Kabupaten Mimika, 15 pasien dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan di Kota Jayapura, di Kabupaten Jayapura, sebanyak 24 pasien dinyatakan sembuh, Kabupaten Mappi satu orang dan di Kabupaten Merauke satu orang dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan.

Masih pada Senin itu, kata dia, Satgas COVID-19 Papua menerima laporan bahwa pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di wilayahnya bertambah 31 orang, dengan sebaran Kabupaten Mimika dua orang, Kota Jayapura tujuh orang, Kabupaten Jayapura 14 orang, Kepulauan Yapen empat orang, Kabupaten Keerom empat orang.

Sejak 17 Maret hingga 14 September 2020 jumlah total pasien positif terpapar COVID-19 di Provinsi Papua sebanyak 4.560 orang. Dari jumlah itu, 3.478 orang dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan, 1.020 orang di antaranya masih menjalani perawatan. Sedangkan pasien meninggal akibat terpapar COVID-19 sebanyak 62 orang.

Ia menambahkan, Satgas COVID-19 Papua mencatat lima kabupaten di provinsi itu masuk zona hijau/bebas dari penyebaran corona yakni Kabupaten Pegunungan Bintang, Kabupaten Sarmi, Mamberamo Tengah, Waropen dan Kabupaten Puncak Jaya.(anjas)