Hujan Deras Diperkirakan Melanda Beberapa Wilayah di Indonesia

oleh -142 pembaca

Jakarta, KRsumsel.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan deras yang bisa disertai petir dan angin kencang melanda sejumlah wilayah di Indonesia.

Berdasarkan data yang dihimpun AFP dari situs resmi BMKG, Rabu, wilayah yang kemungkinan mengalami cuaca adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, dan Banten.

Cuaca juga diperkirakan akan dialami oleh Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tenggara.

Sedangkan wilayah dengan potensi hujan yang disertai petir / angin kencang terdapat di Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Selatan.

BMKG juga memberikan peringatan gelombang tinggi 2,5-4 meter di Perairan Barat Kepulauan Mentawai, Perairan Barat Pulau Enggano – Lampung, Selat Sunda Selatan dan Barat, Samudra Hindia Barat Kepulauan Mentawai hingga Lampung, Perairan Selatan Jawa hingga Sumba, Selat Bali. – Lombok – Cekungan Selatan, dan Samudera Hindia Selatan Jawa sampai Nusa Tenggara Timur.

Oleh karena itu, BMKG menghimbau untuk memperhatikan tingginya risiko keselamatan navigasi, yaitu pada kapal penangkap ikan, tongkang, kapal feri, dan kapal skala besar seperti kapal kargo / kapal pesiar.

Masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir pantai sekitar wilayah yang berpotensi ombak tinggi juga diimbau untuk tetap waspada.(Anjas)