China Menjawab Seruan Penyelidikan Internasional Terkait Asal-usul Corona

user
adminoke 05 Mei 2020, 15:48 WIB
untitled

China Menjawab Seruan Penyelidikan Internasional Terkait Asal-usul Corona KRSUMSEL.COM - Sejumlah negara seperti Australia, Amerika Serikat menyerukan adanya penyelidikan internasional terkait asal-usul virus Corona di China. Bahkan para politisi AS menyebut kemungkinan untuk meminta kompensasi kepada pemerintah China.
Bagaimana pemerintah China menanggapi hal itu?
Duta Besar China untuk Indonesia, Xiao Qian mengatakan bahwa penelusuran virus adalah masalah ilmiah yang harus diteliti oleh ilmuwan dan ahli profesional. Alasan untuk melakukan pelacakan virus dengan baik dan memahami dari mana virus itu berasal dan ke mana virus itu pergi adalah untuk mengendalikan epidemi dengan lebih baik dan mencegahnya terjadi lagi, dan tidak boleh digunakan untuk membuat topik politik.
"Epidemi adalah bencana alam, Tiongkok adalah korban virus bukan kaki tangannya, tidak adil untuk menstigmatisasi Tiongkok," tutur Xiao dalam konferensi pers virtual, Selasa (5/5/2020).
"Tiongkok telah melakukan pencegahan dan pengendalian yang terbaik, merupakan negara yang pertama sukses mengkontrol epidemi di dalam negeri, dan melakukan kerja sama internasional secara terbuka, transparan, dan bertanggung jawab, telah memberikan kontribusi besar dalam penanggulangan epidemi global, tidak hanya tidak bisa disalah-salahkan, tetapi harus dipuji," imbuhnya.
Menurut Xiao, beberapa politisi dan media negara barat sedang memanaskan "Teori Tanggung Jawab Tiongkok", mengalihkan kontradiksi dan melalaikan tanggung jawab, merusak kepercayaan dan kerja sama global dalam melawan epidemi.
"Virus adalah musuh bersama manusia, dan hanya melalui persatuan dan kerja sama kita dapat memenangkan pertempuran ini. Ini adalah kesepakatan komunitas internasional, termasuk Tiongkok dan Indonesia," kata Xiao.
Xiao menambahkan bahwa Tiongkok bersedia bekerja sama dengan Indonesia dan komunitas internasional untuk memperkuat kepercayaan diri, bersatu dan bekerja sama untuk memenangkan perang global melawan epidemi ini.(*)




Kredit

Bagikan