Gara-gara Pilkades Dinas PMD Banyuasin Digugat Rp 1 Milyar

oleh -1.394 pembaca

BANYUASIN,KRSumsel.com – Pilkades desa Paldas kini berbuntut panjang, hal tersebut lantaran beberapa balon kades Paldas tersebut mengajukan gugatan ke pengadilan negeri pangkalan Balai pada Kamis (11/11/21) pagi.

 

Hal tersebut didasarkan pada laporan penggugat terkait dengan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa di Desa Paldas kecamatan Rantau Bayur kabupaten Banyuasin, adapun nama-nama penggugat yakni Akino SH., Jurnal Equinsyah, S.Pd.I, dan Hernain yang dikuasakan kepada Lima Advokat sekaligus dengan nomor : 28/Ipdt .6/2021/PN PKB tertanggal 11 November 2021.

 

Dalam gugatnya Afifuddin, SH., CIL. selaku salah satu dari lima kuasa hukum penggugat menerangkan bahwa kliennya mengajukan gugatan kepada Panitia Pilkades Desa Paldas dan Roni Utama, AP., M.S.I., Selaku kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Banyuasin

“Ya, hari ini kami resmi menggugat terkait pelaksana pilkades di Desa Paldas. Dua langsung yang kami gugat yakni Dinas PMD dan panitia pilkades,” ujar Afifudin, salah satu penerima kuasa Akino.

 

Dirinya melanjutkan Bahwa menurutnya, para tergugat telah melanggar dan tidak sesuai dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Serta Hal tersebut sangatlah bertentangan dengan Peraturan Bupati Nomor 115 Tahun 2017 pasal 44 ayat (1) dan (2) serta pasal 45 ayat (1).