Euro 2020: Inggris Bisa Jumpa Lawan Lebih Ngeri jika Juara Grup

oleh -97 pembaca

Jakarta, KRSUMSEL.com – Di Euro 2020, yang digelar tahun 2021, jadi juara grup tak senantiasa diuntungkan. Timnas Inggris adalah salah satu contohnya. Lawan lebih ringan justru berpotensi dihadapi Inggris di babak 16 besar jika jadi runner-up grup.

24 tim yang dibagi ke enam grup siap bertarung di gelaran Euro 2020, yang akibat pandemi baru akan dihelat pada 11 Juni-11 Juli 2021 ini. Dari ke-24 tim, juara grup dan runner-up grup lolos langsung ke 16 besar. Empat slot sisa diisi tim posisi tiga terbaik.

Jika dalam turnamen lazimnya tim berpredikat juara grup akan berhadapan dengan runner-up grup lain, tidak otomatis demikian di Euro 2020/2021 ini. Juara grup bukan cuma berkemungkinan jumpa tim runner-up tapi juga salah satu tim posisi ketiga terbaik. Di sisi lain, runner-up grup pun bisa saja berhadapan dengan sesama tim runner-up. Hal inilah yang dihadapi Inggris.

Menempati Grup D, skuad Gareth Southgate punya tiga skenario untuk lolos dari fase grup: juara grup, runner-up, salah satu posisi tiga terbaik.

Dari tiga skenario itu, di atas kertas Tiga Singa malah berpotensi dapat lawan lebih ngeri di 16 besar andaikata menyudahi fase grup di posisi pertama.

Itu dikarenakan fakta bahwa juara Grup D Euro 2020 akan berhadapan dengan runner-up Grup F di babak 16 besar. Padahal ada tiga raksasa Eropa di Grup F, yakni Portugal, Prancis, dan Jerman! Artinya, besar kemungkinan salah satu tim itu akan dihadapi Inggris.

Di sisi lain, pada skenario kedua, andaikata Inggris lolos sebagai runner-up maka lawan yang dihadapi secara teori bisa lebih ringan. Ini karena runner-up Grup D akan berhadapan dengan sesama runner-up dari Grup E yang diisi Spanyol, Swedia, Polandia, Slovakia. Menimbang bahwa nama pertama dijagokan jadi juara grup, Inggris di atas kertas bisa menghadapi Swedia atau Polandia. Memang bukan lawan enteng, tapi jelas tidak semengerikan trio Portugal, Prancis, dan Jerman.

Sementara pada skenario ketiga, jika Inggris lolos sebagai salah satu tim posisi ketiga terbaik, potensi lawan yang dihadapi adalah juara Grup B, juara Grup C, dan juara Grup E.

Berikut pembagian Grup Euro 2020/2021

Grup A: Turki, Italia, Wales, Swiss

Grup B: Denmark, Finlandia, Belgia, Rusia

Grup C: Belanda, Ukraina, Austria, Makedonia Utara

Grup D: Inggris, Kroasia, Skotlandia, Republik Ceko

Grup E: Spanyol, Swedia, Polandia, Slovakia

Grup F: Hongaria, Portugal, Prancis, Jerman

Jadwal Euro 2020/2021 untuk babak 16 besar:

Sabtu 26 Juni
23:00 Runner-up Grup A vs Runner-up Grup B

Minggu 27 Juni
02:00 Juara Grup A Winner vs Runner-up Grup C
23:00 Juara Grup C vs Posisi tiga terbaik dari Grup D/E/F

Senin 28 Juni
02:00 Juara Grup B vs Posisi tiga terbaik dari Grup A/D/E/F
23:00 Runner-up Grup D vs Runner-up Grup E

Selasa 29 Juni
02:00 Juara Grup F vs Posisi tiga terbaik dari Grup A/B/C
23:00 Juara Grup D vs Runner-up Grup F

Rabu 30 Juni
02:00 Juara Grup E vs Posisi tiga terbaik dari Grup A/B/C/D.(krs/aff)

 

 

 

 

SUMBER