Telkomsel Akselerasikan Lebih Banyak UMKM Go Digital

user
krsumsel 07 Oktober 2022, 20:20 WIB
untitled

Krsumsel.com - Guna menegaskan komitmen dalam mengakselerasi transformasi digital UMKM di Indonesia secara berkelanjutan, Telkomsel turut berpartisipasi pada penyelenggaraan kegiatan Kick Off “Pahlawan Digital UMKM 2022” yang digelar oleh Kementerian Koperasi dan UKM RI. Melalui partisipasi tersebut.

Telkomsel terus berupaya membuka peluang lebih luas bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk dapat Go Digital sehingga dapat lebih berdaya dengan mengoptimalkan pemanfaatan aset ekosistem digital Telkomsel. Inisiatif ini sekaligus menjadi bagian dari roadmap Telkomsel dalam mendukung realisasi target pemerintah untuk mendorong 30 juta pelaku UMKM Indonesia untuk Go Digital pada 2024. 

Seperti disampaikan Vice President Area Account Management Telkomsel Samuel Pasaribu yang turut hadir sebagai salah satu pembicara di acara tersebut mengatakan, “Saat ini ada 20 juta yang sudah go digital.

Artinya masih banyak pelaku UMKM yang perlu berkolaborasi untuk mulai melakukan transformasi digital agar dapat adaptif pada perubahan. Inilah dasar bagi Telkomsel dalam membangun ekosistem digital yang mampu menjadi solusi komprehensif bagi sektor UMKM dalam memenuhi berbagai kebutuhan secara digital, serta membuka peluang kolaborasi lebih luas bagi inovator digital Tanah Air dalam memfasilitasi UMKM agar dapat naik kelas dengan digital, bahkan dapat go international.” ucapnya Jum'at (07/10/22).

Menurutnya, pada kesempatan tersebut, salah satu aset ekosistem digital yang dipaparkan melalui unit bisnis Telkomsel Enterprise dan telah menyokong transformasi digital bagi pelaku UMKM Tanah Air yaitu platform 99% Usahaku.

Platform tersebut hadir sebagai end-to-end solution yang berlandaskan pada lima pilar bisnis dalam mendukung UMKM untuk mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi.

Kelima pilar bisnis tersebut meliputi Pemasokku sebagai pilar dalam memenuhi kebutuhan stok produk atau bahan baku dalam jumlah besar (grosir) secara lebih mudah; Pemodalku yang merupakan pilar untuk memudahkan pelaku UMKM dalam mengakses produk keuangan dan menghubungkan mereka dengan para pemodal.

Solusiku sebagai pilar yang memudahkan transfomasi digital dan perkembangan bisnis UMKM; Inspirasiku yang merupakan pilar untuk meningkatkan kapabilitas para pelaku usaha maupun individu yang terlibat agar dapat lebih bisa berdaya saing global; dan Pasarku sebagai pilar mendukung pelaku UMKM menjangkau lebih banyak lagi konsumen berdasarkan sebaran wilayah yang ditargetkan.

Lebih lanjut dikatakannya, sejalan dengan semangat kolaborasi yang merupakan salah satu motor penggerak dalam berinovasi, Telkomsel turut berkolaborasi dengan puluhan inovator digital guna memperkuat lima pilar 99% Usahaku.

Kolaborasi tersebut meliputi Alami Sharia, Koinworks, dan Indodana untuk akses pembiayaan UMKM. Kemudian untuk akses pemasok Telkomsel berkolaborasi dengan Evermos dan Ecodoe.

Selanjutnya, dalam menghadirkan solusi bisnis dan enabler bagi UMKM, Telkomsel berkolaborasi dengan Artaka, Jarvis Store, dan Pawoon. Lalu untuk meningkatkan kapabilitas UMKM melalui pilar inspirasiku.

Telkomsel berkolaborasi dengan Kuncie. Lebih lengkap mengenai berbagai solusi digitalisasi layanan dari unit bisnis Telkomsel Enterprise bagi para pelaku UMKM Indonesia dapat diakses melalui kanal www.99usahaku.com.

“Kolaborasi sangat penting dalam mengoptimalkan pemanfaatan ekonomi digital, khususnya dalam mendukung UMKM maupun perusahaan rintisan (startup) agar dapat berdaya dan berkembang guna mengakselerasi pemulihan ekonomi pasca pandemi COVID-19. Untuk itu.

Telkomsel akan terus memperkuat kolaborasi dengan para pemangku kepentingan yang lebih luas lagi untuk mengoptimalkan pengembangan aset ekosistem digital yang dimiliki.

"Kami harap, berbagai langkah konkret ini dapat menghadirkan solusi yang mampu mengakselerasi transformasi digital UMKM dengan lebih optimal, sehingga mampu menjadi salah satu penyokong pemulihan ekonomi pascapandemi yang lebih cepat dan kuat bagi Indonesia,” pungkasnya (edi)

Kredit

Bagikan