BPS: Pertanian di Riau Tumbuh jadi Penggerak Ekonomi

user
Elisatri Putri 17 September 2022, 19:44 WIB
untitled

Krsumsel.com - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau Misfaruddin mengatakan, periode 2020-2022 pandemi COVID-19 melanda Riau dan Indonesia tercatat sektor pertanian di Riau menjadi sektor yang tangguh menghadapi guncangan ekonomi dan terus tumbuh menjadi penggerak ekonomi.

"Pada tahun 2020 pertumbuhan sektor pertanian berhasil tumbuh hingga menyentuh angka 4,32 persen. Pertanian merupakan salah satu sektor andalan Riau setelah sektor industri pengolahan yang juga menjadi motor penggerak perekonomian Riau,"kata Kepala BPS Riau Misfaruddin dalam keterangannya di Pekanbaru, Sabtu (17/9).

Misfaruddin mengatakan, pertanian merupakan salah satu sektor tangguh dalam menghadapi guncangan badai ekonomi bertepatan dengan awal tahun 2020 dunia dilanda wabah COVID-19 tak terkecuali Indonesia. Ia menyebutkan, tepat setelah diumumkan kasus COVID-19 pertama di Indonesia pada awal Maret 2020, maka secara cepat virus tersebut menyebar ke seluruh wilayah Indonesia.

"Hal tersebut tentunya berdampak terhadap perekonomian global yang tercatat mengalami kontraksi hingga 4 persen (World Economic Outlook, IMF). Pada tahun 2020, badai resesi ekonomi juga ikut dirasakan oleh Indonesia yang menyebabkan kinerja ekonomi turun hingga 2,07 persen,"katanya.

Kondisi ekonomi dunia tersebut katanya lagi, berdampak juga pada perekonomian Riau, kinerja ekonomi Riau ikut terpuruk dengan kontraksi mencapai 1,13 persen selama tahun 2020.

Angka ini, katanya tercatat sebagai pertumbuhan ekonomi terendah selama satu dekade terakhir, bahkan sejak tahun 2009.Selama pandemi melanda Riau, sebagian besar sektor ekonomi mengalami kontraksi.

"Akan tetapi menariknya, pertanian merupakan salah satu sektor tangguh dan tetap tumbuh positif melewati masa pandemi COVID-19. Sektor pertanian juga merupakan salah satu faktor yang berperan dalam perkembangan perekonomian Riau,"katanya.

Sedangkan produksi komoditas utama pertanian di Riau, katanya menyebutkan, adalah padi, jagung, dan kedelai. Selain itu hasil pertanian lainnya yang merupakan komoditas Provinsi Riau adalah kacang tanah, kacang hijau, ubi kayu, dan ubi jalar.(rel)

Kredit

Bagikan