Di Mukomuko, Kodim Bangun Jalan Untuk Petani

oleh -76 pembaca

Mukomuko, KRsumsel.com – Komando Distrik Militer (Kodim) 0428 Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, telah menyelesaikan pekerjaan pembangunan jalan baru untuk memudahkan petani membawa hasil panen sawit dan tanaman pangan.

 

Program Karya Bhakti sudah selesai di dua lokasi, yakni Desa Setia Budi, Kecamatan Teras Terunjam dan Desa Rawa Mulya Kecamatan XIV Koto,” kata Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Mukomuko Budiarto di Mukomuko, Sabtu.

 

Pemerintah Kabupaten Mukomuko tahun ini kembali mengalokasikan dana sebesar Rp1,6 miliar yang bersumber dari APBD untuk kegiatan Karya Bhakti TNI di daerah tersebut.

 

Pemerintah setempat mengalokasikan dana sebesar Rp1,6 miliar untuk pembangunan jalan baru dan pengoralan jalan yang menghubungkan antar desa guna memudahkan petani mengangkut hasil pertanian dari lokasi lahan perkebunan dan tanaman pangan di wilayahnya.

 

Ia menyebutkan, pihak Kodim membangun jalan baru sepanjang 3,9 kilometer di Desa Setiabudi, Kecamatan Teras Terunjam dan pengoralan jalan sepanjang 1,3 kilometer di Desa Rawa Mulya.

 

“Kegiatan tersebut selain untuk memudahkan petani mengeluarkan hasil panen dari kebun, jalan tersebut untuk penghubung wilayah satuan pemukiman (SP) VII dan sejumlah desa di sekitarnya,” ujarnya pula.

 

Ia mengatakan, setelah ini satu ruas jalan baru dan di wilayah tersebut dapat ditingkatkan statusnya, dari tanah menjadi pengoralan, bahkan dapat ditingkatkan langsung menjadi pengaspalan.

 

Begitu juga dengan satu ruas jalan yang telah dikoral di wilayah ini dalam ditingkatkan menjadi aspal guna memudahkan akses transportasi darat yang menghubungkan antar desa daerah ini.

 

“Peningkatan status jalan dari tanah menjadi koral dan dari koral menjadi aspal bertahap setiap tahun atau menyesuaikan dengan kondisi anggaran untuk kegiatan ini,” ujarnya.(Anjas)