Curi Motor di Mariana, Pelaku Ditangkap Unit Reskrim Polsek Mariana di Kabupaten OKI

oleh -1.174 pembaca

Banyuasin,KRSumsel.com – Resedivis pencurian rumah kosong berhasil diamankan di tempat persembunyiannya di daerah Mesuji Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) beberapa hari yang lalu.

 

Pelaku Aleh Sumirat, menjalankan aksinya pada 31 Mei 2021 sekitar pukul 00.30 WIB di dalam rumah korban Sutiyono di Jalan Impres, Desa Tirto Sart, Kecamatan Banyuasin I, Kebupaten Banyuasin.

 

Kapolres Banyuasin, AKBP Imam Tarmudi melalui Kapolsek Mariana, AKP Halim Kesumo didampingi Kanit Reskrim Bripka Guntur mengatakan, bahwa atas laporan korban anggota Tim Tangkap Ungkap Kejahatan (Tujah) Polsek Mariana dipimpin Katim Bripka Tedy BB melakukan penyelidikan dan penyidikan.

 

“Dari hasil penyelidikan dan penyidikan anggota kita mencium keberadaan pelaku sehingga anggota kita menjemput pelaku di tempat persembunyiannya di daerah OKI beberapa hari usai kejadian,” ujarnya, Senin (14/6/2021).

 

Dari interogasi yang dilakukan lanjut dia mengatakan, bahwa pelaku menyembunyikan barang curiannya berupa motor di sebuah rumah kosong.

 

“Pelaku sudah mengintai rumah korban dan ketika kosong ia melancarkan aksinya dengan cara memanjat pagar rumah, kemudian memajat atap atas rumah, membuka genteng dan menjebol pelafon

rumah korban,” katanya.

 

Setelah berada di dalam pelaku mengambil kunci kontak motor korban sebanyak dua unit yakni satu unit sepeda motor Honda merek Scopy nopol BG 4565 JAR, dan satu unit sepeda motor merek BeAT dengan nopol BG 3594 JAM.

 

“Setelah mendapatkan motor korban, dari pengakuan pelaku dia menyembunyikan motor tersebut di rumah kosong bersama motor yang digunakannya saat melakukan aksi,” tambahnya.

 

Atas ulahnya pelaku terancam hukuman penjara maksimal selama sembilan tahun penjara. “Selain mengamankan pelaku kita juga turut mengamankan satu unit sepeda motor milik pelaku dan dua unit sepeda motor milik korban,” jelasnya.

 

Sementara itu, pelaku Aleh mengaku melakukan aksi pencurian itu karena ingin memiliki motor korban. “Korban ini bekas bos tempat saya berkerja sebagai penyadap karet dan motor itu tidak saya jual karena untuk di gunakan sendiri,” tutupnya. (Kiki)