Bupati Gorontalo Utara Sebut Alasan Manfaatkan Pinjaman Dana PEN

oleh -46 pembaca

Gorontalo, KRsumsel.com – Bupati Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Indra Yasin, menyebutkan sejumlah alasan mengapa pemerintah daerah ingin memanfaatkan pinjaman dana pemulihan ekonomi nasional (PEN) Tahun Anggaran 2021.

 

“Masih banyak fasilitas yang perlu dibangun di daerah ini, dalam upaya menggerakkan perekonomian dan menggali sumber penerimaan untuk pendapatan asli daerah (PAD),” katanya, di Gorontalo, Selasa.

 

Seperti pembangunan jalan, jembatan dan rumah sakit. Diantaranya, jalan by pass Moluo-Molingkapoto Kecamatan Kwandang, dan banyak infrastruktur jalan tersebar di 11 kecamatan.

 

Jalan by pass perlu segera ditingkatkan agar secepatnya dimanfaatkan. Mengingat lintas Sulawesi di Desa Pontolo, Kecamatan Kwandang, sudah tidak layak lagi.

 

Kondisi jalan yang sempit dan curam, sering sulit dilewati kendaraan khususnya truk, bus dan kontainer.

 

Sebab di jam-jam tertentu, terjadi kepadatan arus kendaraan yang menyebabkan kemacetan.

 

“Kemacetan di ruas ini cukup mengkhawatirkan sebab beberapa titik ada di kemiringan curam yang sering menyebabkan kecelakaan seperti kendaraan besar bermuatan banyak dapat terbalik,” katanya.

 

Sehingga perlu adanya jalan alternatif yang lebih representatif. “Kami mengupayakannya melalui sumber pinjaman PEN yang diperuntukkan khusus pembangunan infrastruktur,” katanya lagi.

 

Termasuk membangun fasilitas tambahan di rumah sakit umum daerah (RSUD) Zainal Umar Sidiki. Seperti menambah ruang rawat inap VIP dan kelas I.

 

“Jika sudah dibenahi baik merenovasi maupun membangun gedung baru untuk melengkapi fasilitas ruangan rawat inap, rumah sakit ini pun sudah bisa menghasilkan,” katanya pula.

 

Ia memastikan, pemanfaatan pinjaman tersebut akan sesuai peruntukkan dan wajib menghindari salah pengelolaan.

 

“InsyaAllah kita berusaha semuanya dan fokus membangun infrastruktur untuk kepentingan kemajuan daerah” tambahnya.(Anjas)