Momentum Hardiknas, Kaffa : Guru Adalah Garda Terdepan Cetak Generasi Bangsa

oleh
oleh
Momentum Hardiknas, Kaffa : Guru Adalah Garda Terdepan Cetak Generasi Bangsa
banner DPRD OKI

Krsumsel.comDalam momentum Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2023. Pemkab Muara Enim melaksanakan peringkatan dengan menggelar upacara di Halaman Pemkab Muara Enim, pada Selasa (9/5/2023).

Diketahui dalam peringatan Hardiknas tahun ini, Plt Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah, SH, LL.M (Bham), LL.M (Abdn) selaku pembina upacara. Dihadiri juga oleh Forkopimda Kabupaten Muara Enim, seluruh kepala perangkat daerah, guru dan para siswa dan siswi SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA dan perguruan tinggi di Kabupaten Muara Enim.

 

Dalam kesempatan itu, Kaffa selaku pembina upacara Peringatan Hardiknas tahun 2023 ini mengatakan, dalam rangka peringatan Hardiknas kali ini dengan mengangkat tema “Mari Kita Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar Untuk Indonesia Maju”.

Ia mengajak seluruh elemen pendidikan dan masyarakat untuk terus mendukung dan meningkatkan pendidikan. Dimana pendidikan merupakan suatu hal yang wajib dan penting bagi penerus bangsa Indonesia.

“Guru adalah garda terdepan dalam mengevaluasi dan menciptakan generasi muda kedepan. Mari kita bersama-sama bergerak memajukan pendidikan,” ajak Plt Bupati.

 

Sesuai dengan arahan Kemendiknas juga, para guru sekarang berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya Platform Merdeka Mengajar. Selain itu, guru-guru yang dulu diikat berbagai peraturan yang kaku sekarang lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya kurikulum merdeka.

Sejalan dengan Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi, seleksi masuk perguruan tinggi negeri pun sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar.

 

“Oleh karena itu, mari kita semarakkan hari ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, mendidik generasi Pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan,” harapannya.

 

Setelah itu, dilakukan kegiatan foto bersama Plt Bupati Muara Enim, Unsur Forkopimda para perangkat daerah, guru dan siswa serta siswi. Bukan hanya itu saja, dalam rangka Hardiknas kali ini di gelar juga sebuah tarian dari para siswa dan siswi dari SD, SMP dan SMA sederajat di Kabupaten Muara Enim.(ADV/ndi)