Kunjungi Pagaralam  Menparekraf Sandiaga Uno Berbagi Ilmu

user
Elisatri Putri 14 September 2022, 22:12 WIB
untitled

Krsumsel.com - Kunjungan (Menparekraf) Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno tersebut dalam rangka Visitasi 50 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2022, salah satunya yaitu Desa Wisata Tebat Lereh Meringang kecamatan Dempo Selatan Pagaralam Sumsel. 

Bahkan Beberapa Waktu Lalu Menparekraf Sandiaga Uno beberapa kali sempat terjadi Pembatalan hingga ulang, namun akhirnya dia benar-benar mengunjungi Kota Pagaralam Sumsel pada 13/09/ 2022.

Dalam Lawatanya Kunjungan kerja bang Sandi (sapaan akrabnya) ini, dalam rangka penjurian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2022, dimana Desa Wisata Tebat Lereh Meringang masuk dalam 50 desa terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2022. 

Sebagai informasi, ADWI merupakan salah satu program unggulan penggerak kebangkitan pertumbuhan ekonomi dan pengembangan pariwisata Indonesia yang sedang digalakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. 

 

Turut hadir pada acara tersebut Ketua DPRD Pagaralam Jenni Shandiyah, Dandim 0405 Lahat Letkol Inf Toni Oky Priyono, Kapolres Pagaralam AKBP Arif Harsono, Kepala Kejaksaan Negeri Pagaralam Fajar Mufti, Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel Aufa Syahrizal, Ketua TP PKK Rachma Hareni Noor Alpian, Tim Juri ADWI, Asisten, Staf Ahli dan Seluruh Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Pagaralam, Camat dan Lurah terkait, Ketua Dharma Wanita, sejumlah jajaran Kemenkraf RI. 

Kemudian Sandiaga juga menyempatkan diri mengunjungi Pasar Wisata, yang menyajikan produk-produk olahan dan produk kerajinan khas Pagaralam, dan beliau mengapresiasi  keramahan msayarakat yang merupakan kearifan lokal yang ada. 

 

Kemudian Malam Harinya Dilanjutkan dengan kegiatan workshop yang di ikuti Para Pengusaha ekonomi kreatif Pelaku UMKM Pagaralam. 

Dalam Acara ini Sandiaga membagikan berbagai ilmunya yang juga selaku Pengusaha, kepada Peserta yang hadir dan mengikuti workshop Workshop Pengembangan Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia 2022,  Dalam sambutannya, Menteri Parekraf, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, Pagaralam dikenal sebagai penghasil kopi di mana 8,91 persen lapangan usaha dari makan dan minum.  "Robusta Pagaralam memiliki cita rasa yang unik karena ditanam di ketinggian 1.000 – 1.600 dpl. Ini yang kedepannya akan kita dorong. Biasanya Robusta ditanam di ketinggian 600 dpl ke bawah,” jelasnya. 

 

Bang sandi menjelaskan, Kota Pagaralam memiliki tiga destinasi wisata unggulan, yaitu wisata alam gunung dengan kebun teh, wisata budaya rumah adat Basemah, serta kuliner dan kriya yang menjadi subsektor ekraf unggulan. "Kita mendorong proses uji petik tahun depan, akan kita dampingi dan memilih subsektor unggulannya untuk menjadi Kota Kreatif," imbuh Sandi.

Menjawab pertanyaan penggiat kopi, soal upaya memajukan kopi Pagaralam, Sandi memastikan tahun depan akan digelarnya Festival Kopi Pagaralam Nasional, sebagai upaya branding. ”Saya terkesan Pagaralam memiliki bukan alam, tapi ada rahasia tersembunyi dimana kopi yang diproduksi diproduksi pagar alam, saya ingin mengubah ini hanya melalui branding tersebut. ( Ca /adv )

Kredit

Bagikan