Ada Warga Terindikasi Narkoba, Segera Lapor BNN

oleh -158 views

OGan Ilir, KR Sumsel – Bupati Ogan Ilir (OI) HM Ilyas Panji Alam menegaskan bila melihat dan menemukan ada warga, saudara maupun keluarga yang terindikasi menyalahgunakan narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba) segera lapor ke Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK).

 

Hal ini ditegaskan Bupati HM Ilyas Panji Alam saat menyampaikan pidatonya dihadapan ratusan relawan anti narkoba, Jumat (10/7) di gedung Serbaguna Tanjung Senai Indralaya.

 

Bupati mengukuhkan ratusan relawan anti narkoba bertepatan dengan peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) di Kabupaten OI yang turut dihadiri Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumsel Brigjen Pol John Turman Pandjaitan.

“Narkoba musuh bersama, musuh negara, musuh pemerintah, musuh kita semua. Harus kita sikat. Saya sampaikan kepada para relawan, dan masyarakat Kabupaten Ogan Ilir, mari bersama kita berantas narkoba. Bila ditemukan ada warga maupun suadara kita terindikasi narkoba segera lapor ke BNN secara sukarela,” himbau Bupati HM Ilyas Panji Alam. Mengapa demikian, disebutkan orang nomor satu di Kabupaten OI, berdasarkan amanat Undang-undang apabila dilaporkan secara sukarela. Maka yang bersangkutan itu termasuk korban, kecuali kalau tertangkap tangan menyalahgunakan dan peredaran gelap narkoba. “Itu sudah masuk ke ranah hukum dan ada unsur pidananya,” tandas Bupati HM Ilyas.

Bupati HM Ilyas Panji Alam juga menjelaskan kepada ratusan tenaga relawan anti narkoba yang baru saja dikukuhkan, pelaporan diri secara sukarela bila melihat dan menemukan adanya warga terindikasi narkoba. Maka pihak BNN maupun BNNK merupakan wadah resmi dan akan berwenang melakukan pencegahan dalam wujud rehabilitasi.

“Saya sampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada para relawan anti narkoba yang baru saja dikukuhkan dan ikut berperan aktif dalam kompetensi bangsa menghadapi kejahatan narkoba,” ucap Bupati HM Ilyas.

Sementara itu, diwaktu bersamaan Kepala BNNP Sumsel Brigjen Pol John Turman Pandjaitan momen peringatan HANI, dirinya mengajak seluruh lapisan warga masyarakat Sumsel khususnya Kabupaten Ogan Ilir secara bersama mari berantas narkoba. Mengingat bahaya narkoba sudah menjalar ke semua kalangan.

“Narkoba bisa menyebabkan ketergantungan, dapat menghancurkan lingkungan hingga rumah tangga. Maka dari itu, melalui momen peringatan HANI. Mari bersama kita berantas narkoba,” ajak Kepala BNNP Sumsel.(rul)