Basarnas Natuna Gelar Latihan SAR di Perairan Pulau Terluar 

oleh
banner DPRD OKI

KRSumsel.com – Kantor Basarnas Kabupaten Natuna Kepulauan Riau menggelar latihan pencarian dan pertolongan (SAR) di perairan pulau terluar Indonesia guna meningkatkan kemampuan para personel dalam melakukan operasi.

Kepala Kantor Basarnas Kabupaten Natuna Abdul Rahman di Natuna mengatakan, kegiatan latihan SAR di pulau terluar yakni Pulau Senua yang terletak di Kecamatan Bunguran Timur berlangsung selama tiga hari mulai 11-13 Juni 2024.

Dia mengatakan, selain meningkatkan kemampuan, kegiatan SAR ini juga bertujuan untuk menguji peralatan milik mereka serta membiasakan diri para personel dalam melakukan penyelamatan di laut.

Ia juga mengingatkan para personel agar mengikuti latihan tersebut dengan bersungguh-sungguh agar kemampuan semakin bertambah. “Kami berharap kegiatan latihan SAR ini berjalan dengan lancar dan sukses,”ujarnya.

Baca juga: Polda Jabar Periksa 68 Saksi Kasus Pembunuhan Vina Cirebon

Menurut dia, kegiatan ini bertujuan mempertajam dalam meningkatkan teknik operasi SAR yang lebih maksimal, sehingga dapat memberikan nilai efektif sewaktu-waktu pada pelaksanaan operasi SAR.

Secara terpisah, Pranata Pencarian dan Pertolongan Kantor Basarnas Kabupaten Natuna Dwiki Hermawan mengatakan latihan SAR ini dimulai dengan kegiatan apel pembukaan di Kantor Basarnas Kabupaten Natuna pada Selasa pagi (11/6).

Adapun materi yang diberikan pada latihan tersebut, antara lain teori tentang cara melakukan pencarian dan pertolongan serta praktek pencarian dan pertolongan. “Teori kita laksanakan di kantor, untuk prakteknya kita akan lakukan di Perairan Pulau Senua,”ucap dia.

Menurut dia, latihan SAR ini dilakukan untuk mengasah kemampuan para personel, agar mereka terbiasa menggunakan alat pencarian dan pertolongan, serta mengerti tugas dan fungsi masing-masing apabila menjalankan operasi. “Ini merupakan kegiatan rutin Basarnas, dan kegiatan ini dilaksanakan dua kali dalam satu tahun,”ujar dia.(net)