Gencar Cegah Malaria, Satgas Yonif 126/KC Laksanakan Pengasapan Keliling Kampung Di Perbatasan Papua

oleh
IMG-20220715-WA0003
banner DPRD OKI

Keerom, KRsumsel.com – Sebagai upaya pencegahan dini terhadap penyebaran penyakit malaria dan demam berdarah, Satgas Yonif 126/KC Pos Kalipay melaksanakan pengasapan (fogging) di Kampung Kalipay, Distrik Waris, Kabupaten Keerom.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif 126/Kala Cakti, Letkol Inf Dwi Widodo, S.H., M.Han. dalam rilis tertulisnya di Distrik Senggi, Papua, Jumat (15/07/2022).

Dansatgas menyampaikan  pengasapan atau fogging dilaksanakan di Kampung Kalipay yang rawan endemik malaria dan DBD seiring dengan tidak menentunya cuaca akhir-akhir ini. Dirinya menambahkan, selain pengasapan, sebagai upaya pencegahan warga juga harus melakukan pemberantasan sarang nyamuk dengan melaskanakan 3M; menguras dan menyikat tempat penampungan air secara rutin, menutup rapat semua tempat penyimpanan air, serta mengubur sampah dan barang- barang bekas yang dapat menjadi sarang nyamuk.

“Selain sebagai upaya pencegahan terhadap penyakit malaria dan demam berdarah, fogging yang dilakukan di rumah-rumah warga ini juga bertujuan mempererat tali silaturahmi antara Satgas dengan warga. Karena saat melaksanakan kegiatan, pasti akan terjadi interaksi atara masyarakat dengan personel Satgas,” ujar Dansatgas.