Regulasi Head to Head Piala AFF U-19 2022: Timnas Indonesia Korbannya

oleh
oleh
indonesia-u-19_169
banner DPRD OKI

Jakarta, krsumsel.com – Timnas Indonesia U-19 tersingkir dari Piala AFF U-19 2022 walaupun tidak terkalahkan dan menjadi tim tersubur, baik dari jumlah gol maupun selisih gol. Regulasi head to head biang keladinya.

Garuda Muda harus rela tak bisa lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022, yang digelar di Indonesia, akibat finis ketiga di klasemen.

Di papan klasemen Piala AFF U-19 2022 Grup A, Indonesia mengoleksi 11 poin. Setara dengan Thailand dan Vietnam. Tapi aturan head to head membuat skuad besutan Shin Tae-yong terdepak.

Dengan ketiga tim sama-sama finis dengan 11 poin, regulasi head to head AFF pun otomatis dipakai. Vietnam, Thailand, dan Indonesia “dimasukkan” ke dalam klasemen mini untuk menentukan dua tim yang berhak lolos.

Jadilah hasil pertandingan dari ketiga partai yang terlibat pun jadi ikut menentukan. Berikut hasil dari laga-laga tersebut:

Vietnam 0-0 Indonesia

Indonesia 0-0 Thailand

Vietnam 1-1 Thailand

Dengan hasil tersebut, merujuk pada regulasi head to head AFF, bisa disimpulkan begini:

Vietnam, Thailand, Indonesia sama-sama meraih 2 poin dari hasil pertandingan satu sama lain, berkat hasil seri di antara ketiga tim tersebut.

Vietnam, Thailand, Indonesia sama-sama punya goal difference (selisih gol) 0 dari hasil pertandingan satu sama lain, berkat hasil seri di antara ketiga tim tersebut.

Namun, Vietnam dan Thailand dianggap lebih unggul produktivitas karena mampu mencetak masing-masing 1 gol dalam hasil seri 1-1 dalam laga di antara kedua tim. Sedangkan Indonesia main skor kacamata lawan kedua tim itu.

Merujuk pada regulasi head to head Piala AFF U-19 2022, Indonesia pun dikategorikan berada di bawah Vietnam dan Thailand karena jumlah gol yang dicetak di antara ketiga tim terlibat.

Maka walaupun Indonesia tak terkalahkan dan punya catatan 17 gol, paling banyak di antara tim-tim Piala AFF U-19 2022 lain, juga selisih gol yang paling kinclong (+15), dan punya dua pemain di daftar top skor Piala AFF U-19 2022 lewat Hokky Caraka dan Rabbani Tasnim (empat gol, setara Nguyen Quoc Viet dari Vietnam), tiket lolos tetap tak kuasa diraih.

Tiket semifinal Piala AFF U-19 2022 melayang dari genggaman karena pada saat Indonesia melumat Myanmar 5-1, Vietnam dan Thailand berbagi skor imbang 1-1. Ceritanya bisa berbeda jika saja Vietnam vs Thailand berujung 0-0 — atau Timnas U-19 tidak main seri 0-0 ketika menghadapi kedua tim tersebut.(*)

SUMBER