Dugaan Match Fixing, Hasil Laga Bola 91-1 dan 95-0 Dianulir

oleh
oleh
mata-uang-sierra-leone_169
banner DPRD OKI

Jakarta, krsumsel.com – Dua pertandingan sepakbola di Sierra Leone dalam investigasi usai hasil mencurigakan 91-1 dan 95-0. Ada dugaan match fixing, hasil laga itu dianulir oleh federasinya.

Sorotan tajam tertuju kepada laga bola yang berakhir dengan skor fantastis, ketika Gulf FC menang 91-1 atas Koquima Lebanon dan Lumbebu United kalah 0-95 dari Kahunla Rangers.

BBC menyebut, kedua laga dimainkan berbarengan dalam perebutan tiket promosi ke divisi teratas di Sierra Leone. Seiring laga berjalan, terindikasi bahwa produktivitas gol bisa jadi penentu.

Hal itu kemudian memunculkan total 177 gol usai half time di kedua laga tersebut. Padahal saat turun minum, Kahunla cuma unggul 2-0 atas Lumbebu United dan Gulf FC memimpin 7-1 dari Koquima Lebanon.

Hasil pertandingan dianulir, investigasi dilakukan

Nuansa pengaturan skor alias match fixing terendus dari hasil luar biasa di laga-laga tersebut. Federasi Sepakbola Sierra Leone (SLFA) tidak tinggal diam.

SLFA sudah langsung melakukan investigasi atas dugaan pengaturan skor alias match fixing, merujuk pada kejanggalan tersebut. Selain itu, hasil akhir dari kedua pertandingan tersebut juga sudah dianulir.

“Kami tidak bisa tinggal diam melihat situasi memalukan seperti ini tidak dapat hukuman,” ucap Presiden SLFA Thomas Daddy Brima kepada BBC Afrika Selatan.(*)

SUMBER