Terkait Peralihan TV Analog ke Digital, Pemahaman Masyarakat Sultra Beragam

oleh
images (2)
banner DPRD OKI

Sultra, KRsumsel.com – Masyarakat Sulawesi Tenggara memiliki ragam kehidupan yang berbeda-beda. Ada yang hidupnya masih bercorak tradisional, khusunya yang berada di pelosok atau desa terpencil. Namun sudah ada yang telah menerapkan pola hidup moderen, yakni mereka yang tinggal di wilayah perkotaan. Seperti yang ada di salah satu desa di Kabupaten Muna yakni Desa Matarawa, desa yang dahulu pernah ada perusahaan besar yakni PT Kedaung Nusantara.

Perusahaan yang pernah jaya pada tahun 90an, yakni pengolahan jati. Namun kampung ini sudah tidak seramai dahulu, selama PT Kedaung Nusantara menutup perusahaannya. Yang nampak saat ini, puing-puing serta bekas gedung yang dipakai oleh perusahaan. Untuk itu pemahaman mengenai peralihan Televisi (TV) analog ke digital juga sangat kurang.

Hal tersebut seperti yang disampaikan oleh La Butolo, salah satu warga yang ada disana. “Saya belum tau tentang peralihan TV analog ke digital, maunya kita diberikan pemahaman supaya kita mengerti,” ungkapnya, Sabtu (20/6/2022).

Namun demikian ada juga salah seorang warga yang sudah memahami peralihan itu, dengan nama La Joni. “Saya sering liat itu di TV, nanti siaran akan dialihkan ke digital. Bahkan nantinya masyarakat ada yang akan dapat bantuan STB, mudah-mudahan kita didata juga sebagai penerima bantuan,” terangnya.

Namun dirinya khawatir jangan sampai tidak bisa memasang STB, untuk peralihan siaran. “Saya sempat dapat kabar juga bahwa TV lama masih bisa dipake kalau sudah pasang STB. Cuma yang sulitnya jangan sampai kita salah pasang, bisa rusak kita punya TV,” jelasnya.

Mengenai hal itu, maka perlunya kita menjelaskan cara penggunaan Set Top Box (STB). Berikut ini Cara memasang STB pada TV tabung atau TV analog ;

Langkah pertama yang perlu dipersiapkan adalah kabel antena.

Sambungkan satu ujung antena dan ujung lainnya ke port ANT IN pada set top box, sementara port ANT OUT/loop sebenarnya tidak masalah jika tidak digunakan.

Namun, jika kamu masih menggunakan TV analog sesekali, port antena pada TV sebaiknya disambungkan pada port ANT OUT.

Setelah itu siapkan kabel RCA pada unit set top box, kabel tersebut biasanya memiliki tiga soket dengan warna merah, putih, dan kuning.

Pasangkan soket tersebut pada lubang RCA di bagian belakang set top box sesuai dengan warnanya.

Cek lubang AC pada TV analog, pasang kabel RCA sesuai dengan warnanya. Beberapa merek TV memiliki lubang jack yang banyak, artinya memiliki mode AV lebih dari satu.

Pasangkan jack kabel adaptor pada set top box, biasanya ada keterangan pada lubangnya, lalu pasang adaptor ke stop kontak. Setelah adaptor terpasang, tekan tombol power pada set top box. Biasanya set top box memiliki dua tombol power, di belakang dan depan.

Nyakan TV, lalu pindahkan ke mode AV seperti menggunakan DVD player. Jika tidak bisa, maka ada kesalahan pada pemasangan kabel RCA.(****)