Espresso Bisa Picu Level Kolesterol Jadi Lebih Tinggi

oleh
sama-sama-pahit-sudah-tahu-beda-espresso-dan-americano-211220f
banner DPRD OKI

Bagi penyuka espresso, perhatikan juga level kolesterol dalam darah.

Dream – Kopi jenis espresso sering jadi pilihan bagi mereka yang sedang berdiet tapi ingin minum kopi. Varian kopi ini merupakan ekstraksi kopi murni yang rasanya begitu pekat tanpa dicampur pemanis sama sekali.

Bagi yang ingin mendapatkan efek kafein maksimal, espresso merupakan pilihan tepat. Kamu penyuka espresso? Jika iya, perhatikan juga level kolesterol dalam darah.

Sesuai penelitian terbaru yang diterbitkan dalam Journa BMJ Open Heart, minum kopi espresso dalam jumlah banyak dapat menyebabkan kolesterol lebih tinggi, khususnya di kalangan pria. Ada beberapa penelitian sebelumnya tentang kopi yang memiliki bahan kimia alami dengan kadar kolesterol lebih tinggi dalam darah, yang selanjutnya menyebabkan masalah jantung termasuk stroke.

Tim peneliti dari Arctic University of Norway, University of Oslo, dan University of Gothenburg di Swedia, menganalisis data survei dari 21.083 orang Norwegia, berusia 40 tahun ke atas. Peneliti membandingkan kebiasaan minum kopi dengan kadar kolesterol dari sampel darah.

Juga dianalisis bagaimana berbagai jenis kopi dapat mempengaruhi kadar kolesterol. Hasilnya ternyata cukup mengejutkan. Peneliti menemukan bahwa mereka yang minum 3-5 cangkir espresso per hari mengalami peningkatan kadar kolesterol, dibandingkan dengan mereka yang tidak minum espresso sama sekali.