Ini Asal Usul Nama Kota Kayu Agung OKI

oleh -

KAYUAGUNG – Kayuagung merupakan sebuah kecamatan dan menjadi ibu kota bagi Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), provinsi Sumatera Selatan.

Lokasi Kayuagung terletak di Jalur Lintas Timur Sumatera, atau berjarak sekitar 65 kilometer dari pusat Kota Palembang, dan termasuk Daerah Tingkat II di Provinsi Sumsel.

Secara geografis, wilayah kecamatan kota Kayuagung ini terletak di antara 104 2′-106 o’ derajat Bujur Timur dan 4o 30′-4o 15 derajat Lintang Selatan.

Sejarah Kecamatan Kayuagung

Dikutip dari situs resmi Pemerintah Kabupaten OKI, berdirinya Kecamatan Kayuagung berbarengan dengan berdirinya Kabupaten OKI yakni pada tanggal 10 Oktober 1945.

Konon, dahulunya di Kayuagung terdapat banyak pohon-pohon yang berukuran besar dan urat pohon yang timbul serta akarnya besar dan menjular, bahkan diameter tinggi pohonnya ada yang sampai 4 meter.

Berkat hal tersebut, maka disimpulkanlah oleh para tetua daerah nama wilayah Kayuagung diambil dari kata pohon yang berarti Kayu sedangkan Besar disebut Agung.

Diperoleh dari data di tahun 2011, kota ini memiliki jumlah penduduk 64.584 ribu jiwa dan memiliki luas wilayah 144,53 kilometer persegi.

Kepadatan penduduk yakni 446 jiwa per Km².

 

Terdiri dari 11 Kelurahan dan 14 Desa.

Kelurahan yang dimaksud yaitu, Kayuagung (asli), Perigi, Kutaraya, Kedaton, Sukadana, Mangunjaya, Sidakerda, jua-jua, Cintaraja, Tanjung Rancing dan Paku.

Sedangkan Desa di Kayuagung terdiri dari Desa Bulu Cawang, Lubuk Dalam, Banding Anyar, Anyar, Muara Baru, Kijang Ulu, Celika, Tanjung Menang, Tanjung Lubuk, Arisan Buntal, Serigeni Lama, Serigeni Baru, Tanjung Serang, dan Teloko.

Penduduk utama penuturan Bahasa Kayuagung tergabung dalam suatu wilayah yang disebut morge siwe (marga sembilan).

KETERANGAN : Bagi yang ingin menayangkan ulang harap lampirkan Link hak cipta Sumber berita ini