Peter Waweru, Wasit Piala Afrika yang Viral karena Gayanya Kocak

oleh -

Nairobi, krsumsel.com – Piala Afrika memunculkan sosok wasit yang viral dan disukai banyak penonton. Dia adalah Peter Waweru, yang punya gaya kocak saat memimpin laga.
Dilansir Daily Star, penampilan Waweru mencuri perhatian, saat memimpin laga Nigeria vs Guinea-Bissau di Grup D Piala Afrika, Kamis (20/1/2022) waktu setempat. Ada beberapa momen kocak diperlihatkan Waweru.

Salah satu yang ramai dibahas adalah soal gaya berlarinya. Di menit-menit akhir, wasit 39 tahun itu berlari dengan gaya yang kocak saat berupaya mengikuti Guinea-Bissau membangun serangan.

Tak lama kemudian, Waweru juga memperlihatkan gaya yang kocak saat meniup peluit panjang. Alih-alih meniupnya seperti biasa, ia malah meniupnya dengan gaya yang dramatis.

Momen itu membuat Waweru disukai banyak penonton. Gaya kocaknya membuatnya disebut-sebut menjadi wasit yang digandrungi.

Ada satu lagi yang banyak membuat orang kagum dengan Waweru. Di samping profesinya sebagai wasit, pria kelahiran Nairobi, Kenya, itu juga merupakan akademisi.

Waweru tercatat menjadi dosen di Universitas Agrikultur dan Teknologi Jomo Kenyatta. Belum sampai di situ, Waweru juga sudah menyandang predikat profesor di bidang matematika.

Ia meraih gelar Ph.D. dalam Matematika Murni pada tahun 2013 dari Universitas Jomo Kenyatta. Kemudian pada 2015, Waweru juga bisa menyelesaikan Diploma Pascasarjana Teknologi Pendidikan dari Universitas Cape Town.

Karier Waweru di lapangan hijau sendiri dijalani sejak 2011. Pada 2013, ia bergabung dengan Premier League Kenya dan pada 2017 terdaftar sebagai wasit resmi FIFA. Selain Piala Afrika, banyak pertandingan juga sudah ia pimpin, di antaranya Liga Champions Afrika, Piala Konfederasi, hingga Kualifikasi Piala Dunia.

Selain gayanya yang kocak, Waweru juga disorot karena sempat mengibarkan bendera Kenya di Piala Afrika, meski negaranya tak lolos. Momen itu membuatnya makin dicintai rakyat Kenya.(yna/ran)

 

SUMBER

KETERANGAN : Bagi yang ingin menayangkan ulang harap lampirkan Link hak cipta Sumber berita ini