Pemkot Tidore Kepulauan Tetap Usulkan Sultan Zainal Pahlawan Nasional

oleh -

Ternate, KRsumsel.com – Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara (Malut), tetap mengusulkan Sultan Zainal Abidin Syah ke pemerintah pusat sebagai pahlawan nasional, meskipun belum terealisasi pada tahun 2021 ini.

 

Wali Kota Tidore Kepulauan Capt H Ali Ibrahim di Ternate, Rabu, mengatakan sudah berupaya semaksimal mungkin dan diterima oleh Kementerian Sosial dan dari usulan tersebut, ada beberapa pertimbangan yang disampaikan Presiden sehingga membuat nama Sultan Zainal Abidin Sjah belum diterima sebagai pahlawan nasional.

 

“Hal itu, kami akan optimis dan terus berjuang, sebab usulan itu hanya empat nama yang diakomudir pemerintah pusat,” kata Wali Kota.

 

Salah satu yang diusulkan adalah Sultan Zainal Abidin Sjah namun belum bisa masuk sebagai pahlawan nasional sehingga memunculkan tanggapan dari Wali Kota Tidore Kepulauan.

 

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Sosial Kota Tikep Marjan, mengatakan bahwa pengusulan Pahlawan Nasional Sultan Zainal Abidin Sjah sudah diupayakan sampai ke pusat.

“Untuk prosesnya tim perumusan naskah akademik dan diseleksi oleh tim Pemberi Gelar Pemerintah Daerah (TP2GD) setelah diverifikasi dan sudah memenuhi syarat mereka menyerahkan ke Kementerian Sosial melalui rekomendasi Gubernur Provinsi Malut,” ujarnya.

 

Sebagaimana hasil sidang dari TP2GD ini dinyatakan lolos dengan urutan ke 2 dari 7 nama pahlawan dari berbagai daerah. Namun ketika masuk sampai pada dewan pertimbangan di dalam istana Negara sehingga dengan keputusan Presiden Sultan Zainal Abidin Sjah dinyatakan belum diterima.

KETERANGAN : Bagi yang ingin menayangkan ulang harap lampirkan Link hak cipta Sumber berita ini