20 Desa di Ambon Laksanakan Vaksinasi COVID-19 Dari rLRumah ke Rumah

oleh -257 pembaca

Ambon, KRsumsel.com -Sebanyak 20 desa, negeri, dan kelurahan di Kota Ambon, Maluku, telah melaksanakan vaksinasi COVID-19 dari rumah ke rumah untuk mengejar target capaian vaksinasi 100 persen.

 

Sebanyak 20 desa, negeri dan kelurahan itu yakni Kudamati, Silale, Amahusu, Nusaniwe, Latulahat, Amantelu, Hative Kecil, Uritetu, Galala, Batu Merah, Rijali, Batu Merah, Passo, Latta, Nania, Waiheru, Poka, Hative Besar, Hunuth, dan Hukurila, kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy, Rabu.

 

Ia mengatakan, vaksinasi dari rumah ke rumah dilaksanakan petugas Puskesmas dan Puskesmas pembantu, didukung satgas tingkat desa, negeri, dan kelurahan.

 

 

 

Pihaknya tidak akan memaksa jika ada warga yang tidak mau divaksin, tetapi harus menyatakan alasan yang jelas kepada petugas.

“Vaksinasi sifatnya tidak memaksa kalau misalnya ada warga yang tidak mau divaksin harus punya alasan jelas, misalnya punya komorbid, atau alasan lain, itu dicatat sebagai data lengkap, berapa banyak warga yang tidak mau vaksin,” katanya.

 

Saat ini capaian vaksinasi tahap satu di Ambon mencapai 86 persen, dan hingga Desember 2021 belum mencapai 100 persen.