16 PCNU Se-Sumsel Berbalik Arah Dukung KH Said Aqil Siradj Kembali Memimpin PBNU

oleh -4.068 pembaca

PALEMBANG,KRSumsel.com — Menjelang Muktamar Nahdlatul Ulama (NU) yang akan digelar di Lampung pada 23-25 Desember 2021 mendatang, suhu politik kian terasa memanas.

 

Aura ‘benturan’ politik dukung mendukung, untuk menentukan siapa calon kuat ketua PBNU periode mendatang itu, juga sampai ke para pengurus cabang (PC) dan pengurus wilayah (PW) Nahdlatul Ulama (NU) di Sumatera Selatan.

 

Sebelumnya PWNU Sumsel mengklaim PCNU-PCNU se-Sumsel mendukung Katib Aam PBNU KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) untuk menjadi Ketua PBNU mendatang.

 

Nyatanya para Ketua Tanfidziah PCNU se-Sumsel berbalik arah dari Gus Yahya kini mendukung KH Said Aqil Siroj. Kenapa bisa terjadi?

Sejumlah nama-nama Ketua Tanfidziah PCNU dari 17 kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Selatan, secara mengejutkan menyatakan dukungan ke KH Said Aqil Siradj untuk kembali memimpin Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

 

Dukungan tersebut disampaikan langsung ke kyai Said Aqil saat silaturahmi berkunjung ke Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin, Sabtu 6 November 2021 di Muara Enin, Sumatera Selatan.

 

“Tentu kami sebagai para pengurus cabang di Sumsel mengamini apa yang menjadi komitmen para kyai untuk meminta KH Said Agil Siradj kembali memimpin Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) periode mendatang,” kata Drs H Syahri, Ketua Tanfidziah PCNU OKU Timur, didampingi Kyai Ali Rais Syuriah PWNU Sumsel, Senin (8/11/2021).

 

Kyai Syahri menjelaskan ada 16 PCNU kabupaten/kota se-Sumsel yang hadir dan memberikan dukungan. Namun dia enggan merinci PCNU mana yang menyatakan dukungan.