oleh -184 pembaca

Mamuju, KRsumsel.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, melakukan validasi data pemilih menjelang pelaksanaan Pilkada 2020.

“KPU Mamuju melakukan validasi data pemilih untuk menindaklanjuti catatan Bawaslu tentang hasil pencocokan dan penelitian (coklit) yang telah dilalukan petugas pemuktahiran data pemilih,” kata anggota KPU Mamuju Asriani, di Mamuju, Selasa.

Ia mengatakan, tidak boleh ada warga di Kabupaten Mamuju yang telah memenuhi persyaratan sebagai pemilih, kehilangan haknya untuk memilih pada Pilkada Mamuju.

Oleh karena itu, kata dia, validasi data pemilih dilakukan KPU Mamuju agar seluruh warga Mamuju yang memenuhi syarat dapat menyalurkan hak pilihnya pada Pilkada 2020.

Anggota KPU Mamuju Hasdaris menambahkan KPU Mamuju juga melakukan pembahasan tahap pendaftaran pasangan calon kepala daerah, selain membahas validasi data pemilih setelah selesainya tahapan coklit oleh PPDP tersebut.

Hasdaris mengatakan untuk pendaftaran pasangan calon akan ada beberapa hal yang disiapkan KPU Mamuju.

“Salah satunya bakal calon itu diwajibkan untuk melaksanakan tes usap 10 hari sebelum waktu pemeriksaan kesehatan bagi pasangan calon, sesuai petunjuk dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dan prosesnya harus menyesuaikan dengan protokol kesehatan,” katanya.  (Anjas)