Kerjasama Pemkab Muba dengan Gesindo Akan Berlanjut ke Feasible Study





Muba, KRSumsel.com  - Upaya Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin dalam meningkatkan kualitas penerangan jalan umum, melalui Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) akan dilanjutkan ke tahap Feasible Study (studi kelayakan) oleh PT Generasi Bangsa Indonesia (Gesindo).

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Muba Drs H Apriyadi MSi dalam kesempatan mendengarkan paparan Pra Studi Kelayakan Lampu Penerang Jalan Umum oleh PT Gesindo, di Ruang Rapat Sekda Muba, Rabu (11/9/2019), hasil tersebut akan di review Pemkab Muba untuk bisa dilanjutkan ke tahap Feasible Study (studi kelayakan).

"Skema KPBU ini merupakan hal yang baru bagi kita, mudah-mudahan bisa saling menguntungkan baik dari sisi keuangan Pemerintah dan PT Gesindo," ujarnya.

Apriyadi mengatakan kerjasama itu merupakan tindak lanjut dari MoU Pemkab Muba dengan PT Gesindo beberapa waktu lalu.

"Kerjasama ini juga baik bagi kita dalam penghematan, karena pembangunan infrastruktur penerangan jalan tidak menggunakan dana APBD, nanti kita bayar setelah ketersediaan layanan (lampu jalan telah terpasang)," imbuhnya.

Sementara itu Direktur Utama PT Gesindo Erlizar mengatakan dari Pra Studi Kelayakan yang dilakukan Kabupaten Muba membutuhkan sekitar 25.000 lampu jalan untuk menerangi jalan kabupaten, provinsi, nasional, dan desa. Menurutnya penerangan lampu jalan di Kabupaten Musi Banyuasin mempunyai potensi penghematan dengan menggunakan penerangan adaptif yang dapat mengatur peredupan (dimming). Penerangan adaptif berteknologi pengaturan peredupan (dimming) selain akan mengurangi biaya energi yang terpakai juga mengurangi beban yang diakibatkan oleh kenaikan harga energi.

"Mempertimbangkan kondisi geografis, demografis dan Iuas wilayah pada Kabupaten Musi Banyuasin, maka teknologi pengaturan peredupan yang terbaik adalah dengan teknologi PLC (Powerline Communication). Teknologi ini sangat fleksibel untuk dipadukan dengan berbagai alat tentang cuaca dan tinggi air sungai dan lain lain, bahkan dengan mudah dapat dipadukan dengan teknoiogi terbaru, misalnya Broadband over PowerLines (BPL) yang memiliki kapabilitas pengiriman data dalam jumlah besar (100-200 Mbps)," ungkapnya.

Turut hadir pada kesempatan itu diantaranya Kepala Dinas PU PR Muba Herman Mayori, Kepala Bappeda Muba Zulfakar, Kabag Hukum Setda Muba H Yudi Herzandi SH MH, dan Tim dari PT Gesindo.(AS)

No comments

Powered by Blogger.