Hari Kedua Masyarakat Desa Karang Dapo, Kewalahan Padamkan Api

MURATARA, KR Sumsel - Api yang terus membakar lahan kosong dan lahan pertanian milik masyarakat desa karang Dapo, kecamatan karang Dapo kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), kini semakin meluas .(Kamis,12/9/19).

Dengan menggunakan alat seadanya masyarakat bersama dengan anggota Polsek karang Dapo, anggota TNI, dan anggota dari BPBD Muratara, terus berupaya memadamkan titik api yang sedang melalap lahan milik masyarakat desa karang Dapo .

Sementara itu menurut keterangan dari Kapolsek karang Dapo " Ahmad Darmawan" di lokasi kebakaran, untuk sementara ini kita terus berupaya memadamkan titik api, yang sedang melalap kebun dan lahan milik masyarakat desa karang dapo.

Perkirakan untuk lahan yang sudah terbakar dari kemarin sampai dengan saat ini sekitar 50 sampai 100 Ha,kendala kita pada saat ini, Medan atau lokasi yang susah di masuki oleh damkar membuat api susah untuk dipadamkan.

"Harapan kita semua kepada pemerintah, untuk segera menurunkan alat yang bisa mengatasi dari kebakaran tersebut, sebab kalau sampai kita lengah maka, takut nya kebakaran semakin meluas, bahkan samapai ke pemukiman kalau tidak segerah di atasi, " Tukasnya.

Adapun menurut keterangan dari "Kristian Hadinata" sala satu warga atau masyarakat pemilik kebun kelapa sawit yang sudah habis di lalap api, beliau memaparkan, api baru di ketahui mulai dari hari Selasa kemarin, dan sampai dengan saat ini api belum bisa di padamkan.

Untuk lahan yang sudah rata dengan tanah baik itu perkebunan masyarakat ataupun lahan kosong di wilayah desa karang Dapo Muratara, dari kemari sampai dengan saat ini itu sudah mencapai ratusan hektar kurang lebih.

Sekarang ini masyarakat sudah pasrah, dan sangat kewalahan dalam memadamkan kebakaran tersebut, sebab api sangat susah di padam kan, mengingat di tempat kejadian kebakaran ini rata-rata itu lahan gambut, itu penyebab nya api susah di padamkan .

"Kami sebagai masyarakat, minta tolong kepada pemerintah untuk difokuskan dalam upaya pemadaman, karena jika telat saja sedikit api di biarkan , maka akan berakibat Patal, perkirakan saya besok atau lusa api akan memasuki lokasi pemukiman," Tutupnya .


(AkazZz KR)

No comments

Powered by Blogger.