447 Siswa Madrasah Se Sumsel Rebut Tiket KSM Nasional

Palembang, KR Sumsel - Sebanyak 447 siswa-siswi madrasah se Sumatera Selatan berkompetisi di ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat provinsi, Kamis (15/08). Dari 447 siswa yang berkompetisi tersebut akan dipilih 11 peserta dari hasil juara pertama tiap cabang mata pelajaran yang diujikan ditambah 16 besar berdasarkan peringkat secara nasional untuk berangkat mengikuti event serupa tingkat nasonal yang akan diseleggarakan di kota Manado Sulawesi Utara 16-21 September 2019.

Kegiatan ini berlangsung serentak se Indonesia dengan menggunakan sistem ujian berbasis komputer atau dikenal dengan istilah CBT. Secara Nasional Pelaksanaan berlangsung 2 sesi dan untuk di Sumsel menggunakan 3 madrasah yaitu MAN 2, MAN 3 dan MTsN 2 Palembang. Sesi pertama berlangsung pukul 08.00-09.30 WIB. Selanjutnya sesi kedua berlangsung pukul 10.00-12.00 WB.

Kegiatan ini telah dibuka kemarin Rabu (14/08) pukul 14.30 WIB di Asrama Haji Palembang oleh Kakanwil Kemenag Sumsel H.M. Alfajri Zabidi, S.Pd, MM, M.Pd.I.

Kakanwil Kemenag Sumsel melalui Kasubbag Informasi dan Humas H. Saefudin, S.Ag, M.Si mengatakan pelaksanaan KSM dibuat berjenjang sesuai tingkat satuan pendidikan yaitu Ibtidaiyah, Tsanawiyah dan Aliyah. Dengan menggunakan 3 lokasi yang berbeda dan pelaksanaan berlangsung 2 sesi ujian.

“Pesertanya adalah siswa siswi madrasah yang telah melewati seleksi KSM ditingkat kabupaten/kota di Sumsel,” ujar Saefudin.

Kompetisi yang sudah memasuki tahun ke-sembilan ini, mengusung tema Integrasi Sains dan Islam Menuju Madrasah Hebat Bermartabat, diikuti dari jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA). 

“Tahun lalu kita berhasil meraih 5 medali yaitu 1 emas, 1 perak dan 3 perunggu plus juara 3 madrasah expo. Untuk tahun ini berdasarkan persiapan yang telah kita laksanakan, tentunya kita menargetkan 11 Medali dari tiap cabang mata pelajaran,” Tutup Saefudin. (****)

No comments

Powered by Blogger.