Tentang Medali Emas Olimpiade yang Tak Kunjung Didapat Chong Wei

KRSUMSEL.COM- Lee Chong Wei belum juga mampu memberi emas Olimpiade untuk Malaysia dari tiga kesempatan di final. Chong Wei meminta maaf atas hal itu saat mengumumkan pensiun.

"Aku telah membuat keputusan untuk berhenti. Aku menyesal tidak bisa ke Tokyo kali ini (Olimpiade 2020). Aku minta maaf, aku tidak memberikan emas Olimpiade, tapi aku tidak menyesal karena sudah mencoba yang terbaik. Yang terbaik," kata Chong Wei lewat pernyataannya di akun Facebook pribadi.

"Kesan berdiri di podium, melihat bendera dinaikkan dan mendengar lagu Negaraku akan sangat dirindui. Jangan khawatir atas pensiunku karena kita mempunyai skuat yang kuat. Aku yakin mereka orang hebat!"

"Aku sudah selesai. Terima kasih banyak untuk kalian semua. Lee Chong Wei pensiun," Chong Wei menegaskan.


Chong Wei pertama kali tampil di Olimpiade Beijing, China, pada 2008. Dia berhasil melaju ke final dan berhadapan dengan Lin Dan.

Chong Wei, yang kala itu masih berusia 26 tahun, harus tunduk dari Lin Dan. Chong Wei kalah dari wakil asal China tersebut dengan skor 12-21, 8-21.

Empat tahun berselang, Chong Wei kembali berhasil masuk final pada Olimpiade di London. Lin Dan menjadi lawannya lagi, namun Chong Wei lagi-lagi harus gagal bawa pulang emas untuk Malaysia setelah kalah 21-15, 10-21, 19-21.

Chong Wei mendapat kesempatan ketiganya untuk membawa pulang medali emas Olimpiade. Di Olimpiade Rio de Janeiro 2016, Chong Wei kali ini bertemu dengan Chen Long, yang juga berasal dari China.

Lawan berganti, tapi nasib sial tidak juga pergi dari Chong Wei. Dia kalah 18-21, 18-21 dari Chen Long.

Olimpiade Tokyo 2020 menjadi ambisi besar Ching Wei untuk menuntaskan rasa penasarannya dengan medali emas, bahkan itu tercantum dalam ambisi besarnya di profil situs resmi BWF. Namun, dia harus mundur sebelum mengapai mimpi itu karena kanker.

Chong Wei terpaksa harus gantung raket demi mencegah kanker di hidungnya kumat lagi. Chong Wei, yang kini sudah berusia 36 tahun, sangat berat ambil keputusan pensiun.

Demi hal-hal yang lebih baik untuk dirinya dan keluar, Chong Wei akhirnya bisa melunakkan kekerasan kepalanya. Dia pun meminta maaf kepada warga Malaysia karena tak kunjung memberi medali emas.

Tapi, Chong Wei tak benar-benar absen di Olimpiade Tokyo 2020. Dia diberi kesempatan untuk memimpin kontingen Malaysia di Olimpiade nanti. (ran/fem)
 
 
 
 
 
 

No comments

Powered by Blogger.