» » » MotoGP Prancis dalam Angka-Angka

KRSUMSEL.COM - Persaingan MotoGP 2019 berlanjut di Prancis. Dalam satu dekade terakhir, Sirkuit Le Mans dikuasai para pebalap Spanyol. Tren itu akan berlanjut atau berubah?
Juara bertahan Marc Marquez masih memimpin kejuaraan menuju seri kelima. Pebalap Repsol Honda itu memuncaki klasemen usai mendulang 70 poin, unggul satu poin dari Alex Rins [2], tiga poin dari Andrea Dovizioso [3], dan sembilan poin dari Valentino Rossi [4].

Pada musim lalu, Marquez tampil sebagai pemenang di Prancis dengan cukup nyaman setelah unggul lebih dari dua detik dari rival terdekatnya, Danilo Petrucci. Kemenangan tersebut memperpanjang hasil bagus yang diperoleh pebalap-pebalap Negeri Matador.


Berikut statistik menjelang bergulirnya MotoGP Prancis, sebagaimana dirangkum FoxSports:


5 - Tidak ada pebalap yang memenangi GP Prancis lebih sering daripada Lorenzo, yang membukukan lima kemenangan di kelas 500cc/MotoGP.

2 - Bagaimanapun, Lorenzo gagal naik podium di dua balapan terakhirnya di Le Mans. Kalau Lorenzo gagal lagi kali ini maka hal itu akan menjadi laju terburuk dia di sirkuit ini di kelas premier.

9 - Pebalap-pebalap Spanyol telah memenangi sembilan dari 10 GP Prancis terakhir di MotoGP, termasuk tujuh balapan terakhir berturut-turut.

13 - Tidak ada pebalap yang memiliki podium di Le Mans pada kelas 500cc/MotoGP lebih banyak daripada Rossi [13]. Dia naik podium dua kali lebih banyak dari pebalap terbaik berikutnya, Lorenzo, yang mengoleksi enam podium. Rossi mencapai 13 podium dari total 19 penampilan di kelas teratas di sirkuit ini.

5 - Rossi berpotensi menciptakan sebuah rekor untuk jumlah pole position terbanyak MotoGP di kelas premier di Le Mans. Hingga kini Rossi tercatat empat kali start terdepan, sama dengan Dani Pedrosa.

1 - Johann Zarci mengamankan pole position di GP Prancis musim lalu. Itu adalah pole pertama yang diciptakan oleh seorang pebalap Prancis di kelas teratas sejak Christian Sarron melakukannya pada 1988.

20 - Rider Prancis Fabio Quartararo mengamankan pole position pertamanya di GP Spanyol belum lama ini dalam usia 20 tahun dan 14 hari. Quartararo menjadi pebalap termuda, yang merebut sebuah pole di MotoGP, memecahkan rekor Marc Marquez yang mencapainya di GP Americas pada 2013 (20 tahun dan 62 hari).

47 - Marquez telah membukukan 46 kemenangan dalam kariernya di MotoGP. Marquez hanya berjarak satu kemenangan untuk menyamai Lorenzo, sebagai pebalap Spanyol dengan jumlah kemenangan terbanyak di kategori teratas.

7 - Rins membukukan podium ketujuh MotoGP untuk Suzuki di seri terakhir, untuk menyamai Chris Vermeulen sebagai rider dengan podium terbanyak untuk Suzuki di kategori teratas. Dia mengoleksi lima podium dalam delapan balapan terakhirnya.

67 - Sebanyak 67 poin yang dikumpulkan Andrea Dovizioso adalah jumlah poin terbanyak dalam karier dia di fase ini dalam satu musim MotoGP.(rin/ran)
 
 
 
 
 

About Admin KRsumsel

Terimakasih telah berkunjung di krsumsel.com.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply