» » » » PALI Jadi Tuan Rumah Rapat Teknis Budaya dan Pariwisata

PALI, krsumsel.com Melakukan rapat teknis Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkhusus dinas Pariwisata dan Budaya se Sumatera Selatan (Sumsel) tahun 2019 berakhir di objek wisata candi Bumi Ayu desa Bumi Ayu kecamatanbTanah Abang kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) PALI yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan sejak dua hari lalu (Minggu 3/3/2019) yang melibatkan tiga SKPD, yakni Disbudpar, Bappeda dan Pekerjaan Umum (PU) dan serta diikuti sebanyak 17 Kabupaten/kota yang ada di provinsi Sumsel.

"Tujuannya yakni untuk menselaraskan program-program pengembangan pariwisata di Provinsi Sumatera Selatan, serta melibatkan SKPD terkait untuk mendukung setiap objek wisata yang berada didaerah agar lebih mudah akses nya serta lebih dikenal masyarakat luas," jelas Sekretaris Disbudpar provinsi Sumsel Zainal Arifin SE MM, Selasa (5/3/2019) saat menutu kegiatan tersebut.

Selain itu, lanjut Zainal, mengatkan Kabupaten PALI sebagai tuan rumah, juga memiliki potensi wisata budaya yakni Candi Bumi Ayu, meskipun pengelolaan tidak sepenuhnya. "Memang saat ini, di candi Bumi Ayu ini masih dikelola oleh BPCB (Balai Pelestarian Cagar Budaya, red) Jambi. Namun, pemerintah PALI dapat mendapat distribusi seperti membuat bangunan lahan parkir, gedung souvenir dan lain sebagainya. Jadi daerah juga dapat penghasilan." jelasnya

Sementara Yunimawati, Plt Disbudpar Kabupaten PALI bahwa kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari, dan pada kesempatan ini, kabupaten PALI dapat memamerkan kesenian dan budaya seperti tarian dan objek wisata yakni candi Bumi Ayu. "Alhamdulillah syukur kita terbilang sukse dalam penyelenggaraan kegiatan ini, kita juga dapat mempromosikan kedaerah lain tentang objek wisata, dan kebudayaan kita. Seperti dalam pembukaan kemarin kita tampilkan tari Lading, tarian asli Desa Tempirai kecamatan Penukal Utara. Dan pada akhir kegiatanini, seluruh peserta dapat mengunjungi Candi Bumi Ayu di Kecamatan Tanah Abang." Jelasnya

Dalam kegiatan tersebut, Yunimawati, menjelaskan bahwa juga dihadiri Kementerian Pariwisata dan Kemendikbud sebagai Narasumber. "Dr. Restu Gunawan, M.Hum dari Direktur Kesenian, Ditjen Kebudayaan, Kemendikbud dan Ari Prasetio, M.PP Kepala Bidang Perencanaan Strategis Kementerian Pariwisata sebagai narasumber kegiatan ini. Pastinya kementrian dapat meninjau langsung dilapangan bagai mana kondisi di objek wisata candi Bumi Ayu di kabupaten kita ini." Pungkasnya. (bh)

About Redaksi KR Sumsel

Terimakasih telah berkunjung di krsumsel.com.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply