» » » AHRT Dominasi Balap Pembuka ARRC 2019

Palembang, KRSumsel. Com-Sepang, Malaysia – Dua pebalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM)  berhasil mengibarkan bendera Merah Putih pada balap pembuka ajang Asia Road Racing Championship (ARRC) 2019 seri pertama yang berlangsung di Sepang International Circuit, Malaysia (9/3). Pada debutnya di ajang ini, Lucky Hendriansya berhasil meraih podium pertama dan podium ketiga diisi oleh Irfan Ardiansyah pada kelas AP250.

Ketiga pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT) yang turun di kelas Asia Production 250 (AP250) menunjukkan performa maksimal dengan mengisi jajaran lima besar pada sesi kualifikasi yang berlangsung pagi hari (9/3). Irfan Ardiansyah memulai jalannya balapan dengan menempati posisi kedua melalui catatan waktu terbaik 2:24.888 pada sesi kualifikasi, disusul Awhin Sanjaya yang memulai balapan pada posisi keempat dengan catatan waktu terbaik 2:25.300, serta Lucky Hendriansya yang berada di posisi lima dengan catatan waktu terbaik 2:25.448.

Pada balap pertama ARRC Sepang, ketiga pebalap AHRT melakukan start yang cukup mulus. Irfan langsung mengisi posisi pertama. Saat memasuki tikungan pertama, Irfan mengalami slide sehingga harus tercecer di posisi lima. Lucky dan Awhin yang berada di grup depan pun langsung berusaha menyodok di posisi tiga besar.

Berhasil melewati beberapa pebalap, Lucky berhasil menempati posisi pertama saat balap memasuki lap ke-3. Irfan dan Awhin yang masih berada di grup depan, bersaing untuk menempati posisi ketiga.

Terus dibayangi pebalap lain, Lucky berusaha untuk mempertahankan posisi dan menampilkan performa apiknya. Memasuki lap terakhir, perjuangan Lucky semakin diuji. Aksi overtake dengan pebalap lain tidak terhindarkan. Perjuangannya pun berbuah manis. Pada tikungan terakhir, Lucky berhasil memanfaatkan momentum dengan menyalip pebalap saingannya. Lucky berhasil meraih podium pertama dengan catatan waktu 19:34.655 berbeda 0,1 detik dengan pesaingnya.

"Pada balapan tadi, saya berusaha keras sejak lap pertama. Pada pertengahan lap, saya sudah berada di grup depan dan mulai meninggalkan pebalap lain. Saya berusaha menjaga ritme balapan hingga lap terakhir. Di tikungan terakhir balapan, saya bertarung ketat dan akhirnya berhasil meraih podium juara untuk kali pertama," ujar Lucky.

Jarak yang cukup jauh antara grup terdepan dan grup kedua membuat persaingan antara Irfan dan Awhin untuk mengisi posisi ketiga semakin menarik. Keduanya menampilkan performa yang optimal, pergantian posisi keduanya pada setiap lap selalu terjadi. Perjuangan keduanya pada balap 8 lap ini dalam posisi ketiga berhasil diraih Irfan dan Awhin berada di posisi keempat.

"Balapan tadi sangat sulit. Saya start dengan baik, tetapi melakukan kesalahan di tikungan 1 yang membuat saya kehilangan banyak waktu di belakang. Saya bisa berada di grup depan lagi, tetapi tidak bisa mengejar pebalap di depan. Kendati demikian, saya senang tetap dapat meraih podium," ujar Irfan.

"Pada balapan pertama hari ini, start saya cukup bagus dan saya bisa naik ke posisi kedua serta mengikuti pebalap di depan. Saya bisa bertahan dengan rombongan terdepan sampai lap ketiga. Pada lap keempat, bahu saya terasa sakit, dan saya mulai tertinggal. Alhamdulillah, saya masih bisa finis lima besar. Pada balapan kedua besok, saya akan berusaha untuk naik podium," ucap Awhin.

*Kelas SS600*

Di kelas Supersport 600 (SS600), Andi Gilang yang start di posisi keenam berhasil menempati posisi keempat di lap awal. Memasuki akhir lap keempat saat dirinya sedang bersaing masuk di posisi tiga besar, Gilang terjatuh dan mengalami high side. Sementara itu Rheza Danica yang memulai jalannya balapan dari posisi ke-11, berhasil finish di urutan ke delapan. Meski belum tampil maksimal, balap pertama ini menjadi pelajaran berharga untuk dirinya.

"Sejak start saya bisa bergabung dengan pebalap di depan. Saya mengalami sedikit masalah di beberapa titik, tetapi bisa mempertahankan kecepatan. Hingga akhirnya entah bagaimana saya tiba-tiba mengalami slide. Saya tidak bisa bertahan dan tidak bisa mengontrol motor. Saya terjatuh, tetapi saya baik-baik saja. Saya siap untuk balapan besok," ujar Gilang

"Hari ini merupakan debut saya di kelas SS600 dan juga kali pertama saya balapan di Sepang. Saat sesi latihan, saya sedikit mengalami kesulitan karena masih perlu beradaptasi dengan motor dan trek. Tetapi, setelah sesi latihan bebas dan kualifikasi, saya mendapatkan feeling yang bagus dengan motor. Alhamdulillah, saya bisa menyelesaikan balapan hari ini dan finis di posisi kedelapan," ujar Rheza.

Balapan kedua ARRC 2019 seri Sepang akan kembali digelar di Sepang International Circuit pada hari Minggu (10/3) pada pukul 12:55 WIB untuk kelas AP250  dan 13:45 WIB untuk kelas Supersport600.(yuyun)

About Redaksi Krsumsel

Terimakasih telah berkunjung di krsumsel.com.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply