» » » Mahasiswa UMP Meninggal Saat Diksar karena Cuaca Ekstrem

KRsumsel.com- Mahasiswa pecinta alam Universitas Muhammadiyah Palembang, Firdaus (19) meninggal dunia. Menurut panitia, Firdaus meningggal karena tidak tahan cuaca ekstrem.

"Faktor kondisi alam dan cuaca ekstrem, tapi kita juga belum tahu kronologi pasti. Karena ponsel panitia yang ikut mendaki juga masih belum aktif karena habis dari diksar," kata Anggota Luar Biasa (ALB), Mapala Brimpals, Firli saat dihubungi wartawan, Rabu (6/2/2019).

Menurut Firli, kondisi kesehatan Firdaus turun drastis sebelum hillang kesadaran dan baru diketahui panitia, Senin malam (4/2). Panitia yang ikut mendaki gunung langsung menghubungi warga setempat untuk membantu mengevakuasi korban.

Sambil menunggu ada bantuan, panitia sudah melakukan pertolongan pertama dengan memberikan oksigen sebanyak dua tabung. Karena tak ada perubahan, panitia langsung membawa korban ke Kampung 4 agar mendapat penangnan.

"Sesampainya di Kampung 4, korban ini langsung dibawa panitia ke rumah sakit umum Basmah Pagaralam. Setibanya di rumah sakit korban ini dikatakan sudah meninggal dunia," imbuh Firli.

Firdaus merupakan mahasiswa Fakultas Hukum yang baru menjalani perkuliahan dan masuk semester 2. Ada 11 peserta yang ikut pada pendidikan dasar (Diksar) anggota baru Mapala Brimpals.

Bahkan, sebelum semua peserta Diksar mengikuti serangkaian agenda lanjutan di Gunung Dempo Pagaralam, si korban dan 10 peserta lainnya sudah mengikuti diksar awal di kampus.

"Kondisi semua yang ikut sehat sebelum berangkat. Bahkan saat mengikuti diksar awal, tidak ada keluhan sakit apapun dari peserta. Ada 1 orang peserta perempuan yang mengidap sakit asma, namun saat pelatihan tidak ada keluhan," katanya.
Baca juga: Kronologi Tewasnya Mahasiswa Garut Jatuh ke Gua di Tasikmalaya

"Diksar yang diikuti 11 orang peserta dan 19 orang panitia berangkat dari Kampus UMP ke Gunung Dempo pada tanggal 25 Januari. Jadi sebelum ke puncak, semua kondisi baik dan sehat," tutup Firli.

Sebelumnya, Kepala Pos Pantau Gunung Dempo, Megian menyebut jika ada salah satu mahasiswa meninggal dunia ketika mengikuti diksar. Mahasiswa itu adalah Firdaus.

"Benar, ada mahasiswa UMP meninggal dunia. Korban meninggal pas lagi diksar mahasiswa pencinta alam," kata Kepala Pos Pantau Gunung Dempo Pagar Alam, Megian, saat dimintai konfirmasi. (ras/asp)





About Admin krsumsel

Terimakasih telah berkunjung di krsumsel.com.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply