» » » » » Jalintim Palembang - Jambi Mulai Diperbaiki

Palembang, KRsumsel.com - Ruas Jalan Lintas Timur (Jalintim) Palembang-Jambi yang mengalami kerusakan mulai diperbaiki sejak beberapa pekan ini. Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) V melakukan perbaikan sapu lubang atau menutup lubang jalan dengan tujuan untuk mengurangi kerusakan yang kerap menyebabkan kemacetan dan kecelakaan.


Kepala BBPJN Wilayah V, Kgs Syaiful Anwar mengungkapkan,bukan lantaran adanya video yang diunggah warganet di media sosial, yang menampilkan mobil box terbalik di kawasan Sungai Lilin. Perbaikan jalan yang dilakukan pihaknya ini, memang dari adanya agenda rutin


Syaiful yang didampingi beberapa staffnya mengatakan, pihaknya memang Iagi memperbaiki semua jalan negara di wilayah Sumsel yang rusak, bukan hanya di Betung hingga Sungai Lilin saja.

"Kita kerjakan semua, dari perbatasan Jambi hingga perbatasan Lampung kerjanya sepertinya juga, mengerjakan sapu lobang, perbaikan-perbaikan sampai pengaspalan. Tidak ada Iagi sampai agregat, selama inikan sampai agregat dan seminggu hujan habis. Ini kita sudah diperintahkan pak direktur pakai aspal,” katanya.


Syaiful menambahkan, bahwa jalan negara yang ada di wilayah Sumsel dari perbatasan jambi hingga perbatasan Lampung dengan panjang 350 km, yang mengalami kerusakan sekitar 10-15 persen. Penyebab-penyebab dari kerusakan tersebut, lantaran hujan yang cukup ekstrem.

”Satu hal yang harus kita katakan dengan jujur bisa kita lihat bersama, dan kami tidak menyalahkan, kami tetap mempersiapkan insfrastruktur yang baik. Namun traffic loading kendaraan yang lewat dijalan ini, baik dimensi maupun total berat atau tonasenya cukup tinggi. Tapi saya harap pak Dirjen Perhubungan Darat juga mulai menekan.Jadi kalau standarnya 10 ton, sekarang bisa dilihat sendiri berapa ton dari kendaraan yang melintasijalan ini, karena bukan kewenangan kami, mungkin bisa diatas 10 ton," paparnya.

Saiful juga menambhakan, bahwa pada tahun 2019 ini pihal BBPJN Wilayah V akan menuntaskan peningkatan jalan di Jalitim di sepanjang  350 KM dengan  total anggaran TA 2019 yang dikucurkan sebesar 1,4 Trilun.


"Insya'allah pengerjaan akan di mulai April nanti, semua jalitim mulus,"ungkap saiful saat dibincangi di sela perbaikan jalan negara KM 18 depan Markas Batalyon Arhanud12/SBP Serong, Sukomoro Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin, Minggu (24/02) malam.


Saiful juga menargetkan penanganan kerusakan jalan dapat rampung seluruhnya sebelum arus mudik Lebaran 2019. Hal tersebut agar para pemudik tidak terganggu perjalanan pulang kampungnya.

Menurut Saiful, sebanyak 90 lubang jalan akan ditampal jelang dimulainya paket peningkatan kualitas jalan Palembang-Jambi yang saat ini tengah menunggu persetujuan penetapan pemenang Ielang. Dirinya menegaskan, perbaikan sapu lubang dilakukan untuk mencegah kerusakan semakin parah yang berpotensi menambah kemacetan dan tingkat kecelakaan.

“Ruas (Palembang-Betung-ed) ini padat jadi tidak mungkin kami diamkan saja. Sambil menunggu itu, kami Iakukan pekerjaan dengan swa kelola. Sambil menunggu itu, ada alokasi belanja barang di DIPA kami, maka kami beli material dan sewa alat untuk menangani ini," kata Saiful.

Menurut Saiful, sebanyak 90 lubang jalan akan ditampal jelang dimulainya paket peningkatan kualitas jalan Palembang-Jambi yang saat ini tengah menunggu persetujuan penetapan pemenang Ielang. Dirinya menegaskan, perbaikan sapu lubang dilakukan untuk mencegah kerusakan semakin parah yang berpotensi menambah kemacetan dan tingkat kecelakaan.(yuyun)

About Redaksi KR Sumsel

Terimakasih telah berkunjung di krsumsel.com.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply