» » » » Cukup Lima Menit Buat e-KTP Selesai

OGAN ILIR, KRSUMSEL.COM -  Bila materi, berkas serta syarat-syaratnya lengkap, tak butuh waktu lama, cuma lima menit Proses Pembuatan e-KTP, KK dan Akte Kelahiran di Disdukcapil Ogan Ilir (OI).


Hal ini yang dikatakan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadisdukcapil) OI Akh. Lutfi diruang kerjanya, Senin (25/2/2019), menurutnya bahwa pembuatan semacam e-ktp, kk, serta Akta Kelahiran dan butuh waktu lama cuma lima menit.


"Aturan Yang diterapkan Kemendagri itu aturannya 1 hari paling lama itu selesai, kalau teman-teman yang di sini belum punya e-KTP, KK, dan Akte Kelahiran datang saja ke Dukcapil Ogan Ilir, lima menit selesai, yang penting materinya ada, berkas serta syarat-syaratnya ada dan lengkap," Katanya.


Dijelaskan Akh.Luthfi, proses pembuatan e-KTP di disdukcapil tingkat kecamatan kalau ada yang tertunda itu karena berbagai kendala seperti jaringan sinyal, aliran listrik, atau sumber daya manusia.


Selain itu ia menegaskan tidak ada pungutan biaya untuk pengurusan e-KTP. Ia pun menegaskan ketersediaan blangko tak lagi jadi kendala dalam pembuatan e-KTP.


"Secara prinsip tidak dipungut biaya alias gratis dan satu hari selesai, yang penting syarat dan juga kelengkapannya ada" Jelasnya.


Mendagri telah mengeluarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) yang mengatur tentang layanan pengurusan e-KTP yang harus selesai satu jam. Hal itu juga berlaku untuk dokumen kependudukan lainnya seperti akte kelahiran, akte kematian dan kartu keluarga (KK).


Menurutnya, pelayanan satu jam sudah coba dipraktikkan di Desa - Desa yang ada di Ogan Ilir Hasilnya, hanya dalam hitungan 5 menit, pelayanan pengurusan e-KTP sudah selesai.


Tapi tentu, kata dia, pelayanan pengurusan dokumen kependudukan satu jam selesai bisa saja terkendala oleh hal teknis. Misalnya, tiba-tiba komputer yang digunakan itu rusak atau antrian panjang. Kondisi lainnya yang bisa mengganggu layanan, adalah saat listrik mati. Ini yang jadi pengecualian.


"Tapi prinsipnya menyelesaikan administrasi dalam waktu satu jam," Jelas Kadisdukcapil OI Akh.Luthfi. (Edi)

About ata IDHAM SYARIEF

Terimakasih telah berkunjung di krsumsel.com.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply