» » » » PJB Gelar Diskusi Membuka Cakrawala Pemuda Dalam Mengali Sejarah Besemah

KRSUMSEL.COM - Dalam mejalankan misi sebagi Program Utama DPP Pemuda Jurai Besemah (PJB) Sumsel, mengelar Diskusi Besemah Libagh Semnde Panjang "Mengungkap Sejarah Besemah dan Semnde" guna mengali nilai nilai sejarah yang tertuang di dalam tubuh Jurai Besemah, untuk menamba cakrawala PJB dalam mengingat, mengenang perjuangan para leluhur nenek moyang, ketia mempersatukan keluarga besar Jurai Besemah didalam satu wadah.


Sebagi sarana PJB untuk mengetahui identitas, Duku Tua Besemah, Jagad Besemah suatu tantanan dinasti dan perna menjadi keratuan/kerajaan pada abad 14 sampai 17 jagad Besemah tantanan di bentuk dengan lembaga dinasti "lampik empat merdike due" yaitu lembaga musyawarah adat terdiri atas jurai jurai tue yang terdiri dari enam sumbai dalam jagad besemah.

Diantranya 1.Lampik empat meliputi 1.1 Sumbai Ulu Lurah 1.2 Sumbai Besak 1.3 Sumbai Mangku Anum 1.4 Sumbai Tanjung Raye 2. Merdike due meliputi 2.1 Sumbai Penjalang 2.2 Sumbai Semidang dari ke enam Sumbai itu menyebar ke wilayah wilayah berpenduduk Besemah seperti Kabupaten OKUS, Kisam Semende, Lembak Mengkakau Kabupaten Muara Enim, Semende Daghat Laut, kota Pagar Alam, Kabupaten Lahat, Kabupaten Empat Lawang


(Pasemah Air Keruh ), Provinsi Bengkulu Ulu Nasal, Ulu Taluh, Ulu Slas, Semidang Alas, Ulu Tine, Kedurang Padangguci, Kelam Kinal, Luas Muara Saung Nasal Provinsi Lampung, Besemah Palas Rebung, Kabupaten Lampung Utara, Semende Abung, Tanjung Raje, Kotabumi dan banyak dusun di Lampung yang berpenduduk Jurai Besemah adat Semende.


Kutipan Budayawan Jagad Besemah Ahmad Bastari Suan. Dalam kegiatan diskusi tesebut mengungkap secara detil Jagad Besemah Semende Panjang, sebagai narasumer dalam diskusi tersebut Ahmad Bastari, yang merupakan Budayawan Jagad Besemah di dampingi Ir Sri Meliyana Anggota DPR RI Komisi X memidangi Pendidikan Seni dan Budaya.


Ketua Umum DPP Indra Juniansyah SE di dampingi Sekjen Yansen Fitra SPd mengungkapkan di gelarnya Diskusi Besemah Libagh Semnde Panjang "Mengungkap Sejarah Besemah dan Semnde" karena kegiatan tersebut merupakan visi dan misi PJB dalam menjalankan Program Utama DPP Pemuda Jurai Besemah (PJB) Sumsel.


"Alhamdulillah hari ini kita bisa mengelar diskusi Besemah Libagh Semnde Panjang "Mengungkap Sejarah Besemah dan Semnde" dalam menjalankan Program Utama DPP Pemuda Jurai Besemah (PJB) Sumsel, guna mengali nilai nilai sejarah yang tertuang di dalam tubuh Jurai Besemah itu sendiri," ujar Ketua Umum DPP PJB Indra Juniansyah SE di dampingi Sekjen Yansen Fitra SPd saat di bincang di Rumah Makan Indah Raso Demang Lebar Daun Palembang Sabtu (8/12). (hb)

About Redaksi Krsumsel

Terimakasih telah berkunjung di krsumsel.com.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply