» » » » Bupati Muba Lantik 13 Kades Terpilih

KRSumsel.com - Ribuan masyarakat penuh antusias memadati Lapangan Bola Desa Nusa Serasan Kecamatan Sungai Lilin, Senin (17/12/2018) guna menyaksikan langsung Bupati Musi Banyuasin, H Dodi Reza Alex melantik 13 Kepala Desa (Kades) terpilih Periode 2018-2024, hasil Pemilihan Kades (Pilkades) serentak pada 10 November lalu.

Diketahui, ada sebanyak 23 Desa dari 10 Kecamatan yang melaksanakan Pilkades Serentak dan pada Senin (17/12/2018) Pelantikan Gelombang Pertama Bupati melantik 13 Kades terpilih dan 19 Desember nanti akan menyusul 9 Kades kemudian 2 Kades lagi akan dilantik pada 2 Februari 2019.

Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex dalam sambutanya mengatakan bahwa pengambilan sumpah dan dilantiknya kepala desa hari ini merupakan bentuk kepercayaan, kehormatan, dan amanat pemerintah daerah dan warga masyarakat kepada kades yang menang dalam pemilihan sesuai dengan mekanisme dan peraturan yang berlaku, dodi mengharapkan kepada kepala desa terpilih kiranya  kades dapat memimpin dan membangun desa agar menjadi lebih baik dan sejahtera. untuk itu, pengambilan sumpah dan pelantikan kades, hendaknya bisa dijadikan momentum sekaligus dimaknai sebagai ”titik awal yang baik” untuk menyelenggarakan pemerintahan desa, membangun desa, serta memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa kita dan bersinergi dengan pemkab Muba sesuai dengan Visi Misi Pemkab Musi Banyuasin Muba Maju Berjaya 2022.

Selain itu Dodi Reza Juga  berpesan agar para kades yang baru dilantik untuk melaksanakan tugas, wewenang, dan kewajiban sebagai kades dengan sebaik-baiknya, sejujur-jujurnya dan seadil-adilnya. Jalankan semua peraturan perundang-undangan yang berlaku. selain itu, bekerjalah dengan benar, jujur, dan ikhlas.
 Selain itu Saya minta, Kades-Kades yang telah dilantik ini eksis dengan prestasi dan menjadi perpanjang tangan Pemkab Muba dalam mengayomi warga di desa-desa

Dikatakan Dodi, Kades yang sudah dilantik ini akan mengemban amanah selama enam tahun ke depan harus memberikan kontribusi positif di desa masing-masing."Stand by di lokasi, dan selalu mengedepankan koordinasi dengan Pemkab Muba," tegasnya.

Menurutnya, peran kades terpilih ini sangat penting, mengingat pada 2019 mendatang akan dihadapkan pada Pemilihan Serentak yakni Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden. Mari Kita Jaga daerah kita Ciptakan suasana kondusif, keamanan dan lancarnya pelaksanaan Pileg serta Pilpres harus menjadi tangung jawab kita jaga bersama sehingga dapat berjalan kondusif dan tercipta zero konflik ucapnya.

Dodi juga mengingatkan, kepada Kades terpilih untuk juga gencar mensosialisasikan Perda Pesta Rakyat yang sudah diterapkan, awasi dengan serius dan meminimalisir tindakan-tindakan yang dapat memecah persatuan. "Perda Pesta Rakyat harus disosialisasikan dan dijalankan, Kades mempunyai peranan besar dalam terlaksananya Perda Pesta Rakyat ini," ini semuanya bertujuan untuk menjaga anak anak kita sebagai generasi penerus kita dan juga ini adalah upaya kita bersama untuk meminimalisir jeratan Narkotika, dan Pergaulan Bebas .

Selain Itu Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza juga mengucapkan terimakasih Kepada mantan kades yang telah mengabdi dan saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas dedikasi, loyalitas dalam membangun desa kita selama ini dan semoga semua apa yang telah dikerjakan mendapat pahala dari Allah Swt, Tuhan Yang Maha Esa. Tutur dodi

 Sementara Itu Kepala Dinas PMD Musi Banyuasin Richard Cahyadi AP, Msi menyatakan  berpesan agar para kades yang baru dilantik untuk melaksanakan tugas, wewenang, dan kewajiban sebagai kades dengan sebaik-baiknya, sejujur-jujurnya dan seadil-adilnya. semua peraturan perundang-undangan yang berlaku. selain itu, bekerjalah dengan benar, jujur, dan ikhlas.

Bersama BPD segera menyusun rencana program kerja desa, baik berupa RPJM desa maupun rencana pembangunan tahunan desa, dengan memperhatikan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia,  kelola dan berdayakan potensi unggulan desa, sehingga mampu menjadi sumber pendapatan
yang mampu menghidupi, mensejahterakan dan memakmurkan warga masyarakat desa.
Apabila menghadapi permasalahan, segera selesaikan di tingkat desa, namun apabila diperlukan, jangan segan-segan berkonsultasi dan berkoordinasi dengan kami Dinas PMD  dan camat, karena meski pada dasarnya  kades bertanggungjawab kepada rakyat melalui BPD, namun demikian prosedur pertanggungjawaban kades nantinya disampaikan kepada bupati  melalui camat.

Selain itu Richard Mengharapkan kepada seluruh kades yg baru dilantik untuk segera berkonsultasi dan berkordinasi  kedinas PMD, dikarenakan pada tahun 2019 pengelolaan anggaran dana desa harus mengacu pada aturan terbaru sesuai berdasarkan permendagri no.20 tahun 2018 sehingga diakhir tahun ini seluruh APBDes  sudah mengacu pada aturan tersebut Tuturnya.

Terpisah, salah satu Kades terpilih yakni Rudi Hartono yang merupakan Kades Nusa Serasan Kecamatan Sungai Lilin mengatakan, terpilihnya dirinya sebagai Kades merupakan amanah dari warga dan dirinya berjanji akan menjadi perpanjang tangan Bupati dalam melaksanakan fungsi dan tugas selaku Kepala Desa, Dimulai dari Desa Nusa Serasan, kami perangkat desa akan memprioritaskan menjaga Muba ini zero konflik, selain itu Perda Pesta Rakyat akan terus kami sosialisasikan kepada warga-warga di Desa. Kami akan mendukung program pak Bupati dan komitmen menjadi bagian yang mewujudkan Muba Maju Berjaya 2022," imbuhnya.

Salah satu warga, Slamet (52)  mengungkapkan rasa syukur karena telah dilantiknya Kades hasil pilihan masyarakat. "Kami turut berbahagia atas telah dilantiknya Kades pilihan kami, dan bangga atas kedatangan Bupati Muba, H Dodi Reza Alex langsung ke Desa kami ini, semoga Kades terpilih dapat menjalankan amanah dengan baik, dan  melayani kami masyarakat dengan baik juga, dan dapat bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin kedepanya sehinga terwujud Muba maju berjaya 2022, " ujarnya.(AS)

About Redaksi KR Sumsel

Terimakasih telah berkunjung di krsumsel.com.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply