» » » Teka-teki Black Box dan Sanksi Tegas Menghantui Lion Air

KRSUMSEL.COM- Kotak hitam atau black box pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat telah ditemukan meskipun hanya Flight Data Recorder (FDR).

Untuk Cockpit Voice Recorder (CVR) masih akan dicari sebab terpisah karena benturan keras. Sejatinya FDR dan CVR menyatu dalam rangkaian black box.

"Sekarang baru ketemu yang FDR, satu lagi ada CVR, kita tunggu dan harapkan 1-2 hari ini jalan," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Jumat (2/11/2018).

Budi menambahkan, menurut laporan KNKT sudah melakukan proses penelitian sejak semalam. Proses mengecek black box ini diperkirakan membutuhkan waktu hingga enam bulan.
"Saya tanya KNKT berapa lama proses itu berlaku. Memang cukup lama, paling tidak itu 6 bulan karena ada beberapa proses dilakukan. Juga karena ada konfirmasi yang harus dilakukan manufakturnya dan pihak tertentu. Seperti apa tindak lanjutnya itu nanti," tambahnya.

Selain itu, dalam penelitian spesial manufakturnya akan melibatkan Boeing. "Yang sudah ketemu itu KNKT. Saya belum tahu apa yang dibicarakan," ujarnya

Sanksi Tegas
Lanjut Budi mengatakan, sanksi yang akan diberikan kepada Lion Air pasca jatuhnya Lion Air JT 610 sesuai rekomendasi KNKT dan sesuai peraturan yang berlaku.
"Y nanti baca peraturan. Kami akan tindak tegas sesuai rekomendasi KNKT. Kita lihat sebagai pertimbangan bukan dari bisnisnya, tapi layanannya," tukasnya.(Feb)








SUMBER






About Admin krsumsel

Terimakasih telah berkunjung di krsumsel.com.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply