» » » Selain FDR Black Box, Tim SAR Temukan Puing Besar Lion Air

KRSUMSEL.COM - Selain menemukan Flight Data Recorder (FDR) black box, tim SAR gabungan juga menemukan bagian besar pesawat Lion Air di dasar laut perairan Karawang.

"Kita menemukan juga bagian pesawat yang lebih besar dari sebelum-sebelumnya. Itu kelihatannya bagian body mungkin begitu ya, kulitnya. Panjang 1,5 meter, lebarnya setengah meter. Kemudian ada barang yang lebih besar cuma belum bisa kita angkat (karena) cukup berat," ujar Kabasarnas Marsekal Madya M Syaugi di Kapal Baruna Jaya I BPPT di perairan Karawang, Kamis (1/11/2018).

FDR black box dan bagian badan pesawat Lion Air ditemukan di 500 meter dari titik koordinat hilang kontak pesawat dengan nomor penerbangan JT610.

"Ketemu 500 meter dari titik koordinat yang hilang," sebutnya.

Syaugi mengatakan, FDR black box ditemukan sekitar pukul 10.05 WIB. Tim penyelam sempat mengalami kesulitan karena arus kencang di dasar laut.

"Kita pakai kapal lain lagi, kapal Pertamina (yang) bisa steady di atas air dengan memasang mooring anchor, jangkar yang bisa steady. Setelah itu kita turunkan ROV, penyelam (juga) dikasih tanda," ujarnya.

"Apabila melihat barang besar penyelam bisa diarahkan ke tempat itu karena sampai sekarang pun arus masih cukup deras, di bawah penyelam penyelam kita agak kesulitan. Namun dengan perjuangan yang gigih dan doa kita semua tadi jam 10.05 WIB bagian dari black box tersebut bisa ditemukan," imbuh Syaugi.

FDR black box langsung diserahkan ke KNKT untuk dianalisis. Sedangkan tim SAR gabungan tetap melanjutkan pencarian bagian CVR black box termasuk badan pesawat Lion Air. (fdn/tor)
 
 
 
 
 

About Admin krsumsel

Terimakasih telah berkunjung di krsumsel.com.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply