» » » Miftahul Batal Tanding karena Jilbab, Komisi VIII: Dia Atlet Sejati

KRSUMSEL.COM- Judoka Indonesia, Miftahul Jannah didiskualifikasi setelah menolak untuk melepas hijab saat masuk matras. Wakil Ketua Komisi VII DPR, Ace Hasan Syadzily menghormati keputusan Miftahul memilih pakai jilbab.

"Kita hormati keputusan Miftahul Jannah yang lebih memilih keyakinannya menggunakan jillbab. Itu sebuah pilihan dan Miftahul Jannah menerima risiko diskualifikasi," ucap Ace Hasan, Senin (8/10/2018).

Meski begitu, Ace menyebut setiap cabang olahraga juga memiliki aturan sendiri di Asian Para Games 2018, sehingga perlu dihormati.

"Setiap cabang olahraga memiliki aturannya sendiri. Itupun harus dihormati," tutur Ace.

Lebih lanjut, ia menilai Miftahul Jannah tetap menjadi atlet kebanggaan Indonesia meski didiskualifikasi. Menurut dia, seharusnya wasit judo Asian Games mempertimbangkan Miftahul yang memilih memakai jilbab.

"Miftahul Jannah tetap atlet sejati dan menjadi kebanggaan bangsa Indonesia. Dia lebih memilih keyakinannya walaupun harus didiskualifikasi. Mungkin sebaiknya wasit mempertimbangkan keyakinannya Miftahul Jannah yang tetap ingin menggunakan hijab seperti halnya cabang olahraga lainnya," jelas Politikus Golkar ini.

Miftahul bertanding di JIEXPO Kemayoran, di nomor -52 kg kategori low vision, Senin (8/10) kemarin. Miftahul harus menghadapi judoka Mongolia, Oyun Gantulga.

Sebelum memasuki gelanggang berupa matras, Miftahul, yang turun di blind judo, diminta untuk melepas hijab. Tapi, dia menolak. Kemudian, dia didiskualifikasi.

Penanggung jawab pertandingan judo Asian Para Games 2018, Ahmad Bahar, menyatakan ada aturan pertandingan judo tidak diperbolehkan memakai hijab saat masuk matras. Aturan itu sudah disosialisasikan saat technical meeting yang berlangsung Minggu (7/10).

"Permasalahan itu karena aturan. Aturan di judo itu atlet tidak diperkenankan memakai hijab pada saat masuk matras," kata Bahar saat dikonfirmasi.

"Tapi, karena atlet ini tidak mau melepas dan memang sudah prinsip mau bagaimana lagi. Itu juga sudah peraturan," ujar Bahar tanpa menjelaskan detail bunyi aturan tertulis tersebut.(fai/rvk)
 
 
 
 
 
 

About Admin krsumsel

Terimakasih telah berkunjung di krsumsel.com.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply