» » » » Desa Benuang Peringati Tahun Baru Islam Dengan Sedekah Dusun

KRSUMSEL.com - Sebagi bentuk syukur atas nikat Allah SWT memasuki bulan Muharam 1440 Hijriah warga Desa Benuang Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), mengelar Sedekah Dusun atau sering disebut dengan Sedeka Adat dan Sedeka Ruah terahadap Nenek Moyang lelur pendiri Dusun atau Kampung Desa Benuang yang telah wafat 


Hal tersebut di ungkapkan Ketu Panitia H HERDIYANTO SHI, Ia juga mengatkan sejak tanggal 1/10 melakukan sowan panitia bersama Pemerintah Desa Benuang ke kediaman Pemangku Adat, pada (2/10), malam dilnjutkan acara yasin dan tahlil mendo'akan para pendiri desa dan pimpinana desa yang telah meninggal, (3/10), dilanjutkan ritual pemotongan hewan kerbau langsung berisak/masak masak dg melibatkn seluruh masyarakat desa dan (4/10), adalah acara puncak syukuran atau sedekah adat/sedekah dusun dan peringatan tahun baru Islam 1440H.


"Alhamdulliah hari ini adalah acara puncak syukuran atau sedekah adat/sedekah dusun dan peringatan tahun baru Islam 1440 H setelah sejak tanggal (1/10), melakukan sowan panitia bersama Pemerintah Desa Benuang ke kediaman Pemangku Adat, pada (2/10), malam dilnjutkan acara yasin dan tahlil mendo'akan para pendiri desa dan pimpinana desa yang telah meninggal, (3/10), dilanjutkan ritual pemotongan hewan kerbau langsung berisak/masak masak dg melibatkn seluruh masyarakat desa dan ditutup hari ini." Ujar Caleg dari Partai Keadialn Sejatra tersebut.


Selain itu juga Ia mengucpakan terih kasih kepada Bupati PALI Ir H Heri Amlaindo MM yang telah berkenan hadir dalam acra syukuran atau sedekah adat/sedekah dusun dan peringatan tahun baru Islam 1440H, Ia juga mengucpkan trimah kasih kepda Pemerintah Desa Benuang Panitia dan seluruh masyakat dan tamu undanagn yang telah menyukseskan acara tersebut.


Semntra itu Kdes Benuang Remi Rudindia mengukapkan tujuan dilakuaknya sedekah dusun bentuk rasa syukur kepada pendiri dan pada nenek moyang agar Desa Benuang aman tentram baik masyarakatnya dan desanya dan masyarakatnya rukun damai yang dapat diajak kerjasama untuk meningkatkan kinerja baik dalam segi perekonomian maupun masalah pemerintahan.


"Dengan diadkanya acara syukuran atau sedeka dusun ini kita berharap Desa Benuang aman tentram baik masyarakatnya dan desanya serta masyarakatnya rukun damai yang dapat diajak kerjasama untuk meningkatkan kinerja baik dalam segi perekonomian maupun masalah pemerintahan," Ujar Kades.


Terpisah Bupati PALI Ir H Heri Amalindo ditemani sang Putra sulung Rahmad Syahid ST turut menghadiri Sedekah Dusun yang digelar oleh Kepala Desa Benuanng Kamis (4/10) berlangsung di Kalangan Desa Benuang. Dengan mengusung tema "Kita hidupkan semangat keislaman dan budaya daerah menuju kemaslahatan umat". Sementara itu, dalam sambutannya Bupati PALI, Heri Amalindo mengatkan melalui sedekah Dusun, berharap warga Desa Benuang menjaga persatuan dan kesatuan. "Boleh beda pilihan beda pendapat itu hal yang biasa. Tapi kita tetap harus selalu bersatu," imbuhnya.


Dalam kesempatan itu juga, Heri berpesan bahwa sedekah yang paling mudah ialah dengan senyuman. Selepas Bupati PALI memberikan sambutan, acara dilanjutkan dengan mendengarkan tausyiah dari Ustazd Coy yang berasal dari kota Palembang. Sebelumnya juga warga Desa Benuang telah melaksanakan ritual sedekah Dusun seperti pemotongan Kerbau dan pembacaan Yasin.(hb)

About Redaksi KR Sumsel

Terimakasih telah berkunjung di krsumsel.com.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply